AI Besutan Microsoft Meraih 100 Juta Pengguna Hanya dalam Waktu 1 bulan

Iptek357 views

Inionline.id – Yusuf Mehdi, Wakil Presiden Microsoft mengatakan mesin pencarian Bing telah melampaui 100 juta pengguna aktif harian. Ini terjadi saat sebulan setelah peluncuran ChatBot AI miliknya.

“Ini adalah angka yang sangat mengejutkan, namun kami sepenuhnya sadar bahwa kami tetap menjadi pemain dengan pangsa satu digit yang kecil dan rendah. Meski begitu, senang berada di sebuah pesta dansa!” kata dia dilansir dari laman Engadget, Selasa (14/3).

Dilanjutkannya, ia melihat daya tarik dari Bing baru ini sebagai validasi dari penggabungan yang unik yakni; Pencarian, Jawaban, Obrolan, dan pengalaman. Microsoft tampaknya juga menikmati pertumbuhan keterlibatan dengan banyak orang melakukan pencarian.

Perusahaan memuji dua faktor untuk kemenangan khusus itu, yang pertama adalah pertumbuhan penggunaan Edge, kemungkinan besar dibantu oleh penambahan AI obrolan Bing sebagai fitur baru.

Dikatakan juga bahwa pengenalan model Prometheus AI-nya membuat hasil pencarian Bing lebih relevan, sehingga orang-orang telah menggunakan – atau setidaknya mencoba mesin pencari lebih banyak.

Rupanya, sekitar sepertiga pengguna pratinjau harian Bing telah menggunakan AI obrolannya untuk kueri mereka setiap hari. Rata-rata, Microsoft melihat tiga obrolan per sesi, dengan lebih dari 45 juta obrolan sejak memperkenalkan Bing baru.

Selanjutnya, dalam 15 persen dari semua sesi obrolan, orang-orang telah menggunakan Bing untuk menghasilkan konten baru. Peluncuran AI chatbot Bing di perangkat seluler juga telah mendorong mesin pencari ke tingkat popularitas baru, dan telah menyebabkan peningkatan pengguna aktif harian enam kali lipat dari sebelum tersedia.

Dengan mengintegrasikan chatbot AI ke dalam Bing awal tahun ini, Microsoft memberikan mesin pencarinya senjata yang dibutuhkan untuk dapat bersaing dengan Google.