Penyebab Kemacetan Bubaran Konser Dewa 19 di JIS Diungkapkan Dishub

Antar Daerah257 views

Inionline.id – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mengungkap penyebab lalu lintas di sekitar Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, sempat stuck usai gelaran konser Dewa 19, Sabtu (4/2)

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan saat ini terjadi penyempitan jalan lantaran adanya pembangunan Jalan Tol Harbour Road II pada sisi utara stadion.

“Jaringan jalan di kawasan JIS tidak seideal sebelum saat peluncuran. Kenapa tidak ideal? karena saat ini di jalan RE Marthadinata sedang ada pembangunan tol Harbour II, HBR II, itu yang di sisi utaranya,” kata Syafrin di Balai Kota Jakarta, Rabu (8/2).

Kondisi itu membuat jalan yang awalnya empat lajur, menyisakan dua. Ia menyebut jalan bahkan semakin sempit jika bus melintas.

“Di sana yang tadinya empat lajur terkooptasi tinggal dua (lajur). Bahkan, ketika ada bus sedang aja melintas itu tinggal satu lajur, sehingga ada antrean. Oleh karena itu, kepadatannya cukup tinggi,” katanya.

Selain itu, ia menyebut juga ada pengerjaan perbaikan di sisi Jalan Danau Sunter Barat dan Jalan Sunter Permai Raya, Jakarta Utara.

Ia mengklaim pihaknya saat itu menerjunkan sejumlah petugas untuk membantu mengatur lalu lintas.

Namun, banyaknya masyarakat yang keluar pada saat bersamaan dan adanya penyempitan jalan membuat kemacetan lalu lintas tak terhindarkan.

“Dengan masifnya masyarakat yang menonton, kemudian juga jaringan jalan tidak ideal karena ada pembangunan, maka kondisinya pasti akan stuck,” kata dia.

Sebelumnya, akses menuju JIS dikeluhkan oleh masyarakat. Keluhan datang dari penonton yang datang ke konser Dewa 19 di JIS pada Sabtu (4/2).

Selain tempat parkir yang terbatas bila dibandingkan kapasitas stadionnya, kebanyakan keluhan penonton mempermasalahkan akses menuju JIS.