Mulai Besok Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Dibuka untuk Umum

Antar Daerah057 views

Inionline.id – Masjid Raya Sheikh Zayed Al Nahyan, Gilingan, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah akan dibuka untuk publik pada Rabu (1/3).

“Insyaallah mulai besok [dibuka untuk publik],” kata Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin, Selasa (28/2).

Sebelum dibuka untuk publik, Kamaruddin menjelaskan Masjid Raya Sheikh Zayed akan menggelar perayaan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW pada Selasa (28/2) malam nanti.

Dikutip di Instagram resmi Bimas Islam @bimasislam, acara peringatan Isra Mikraj ini nantinya dihadiri oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

“Ya betul [dihadiri Ma’ruf], Isra Mikraj kenegaraan,” kata dia.

Masjid Sheikh Zayed Al Nahyan, Solo, merupakan masjid replika dari Masjid Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Masjid ini adalah hadiah dari Presiden Uni Emirat Arab (UEA), Mohammed bin Zayed (MBZ) kepada Indonesia.

Masjid ini telah diresmikan oleh Presiden Jokowi pada November 2022 lalu. Menurut Pemkot Solo, biaya pembangunan masjid itu nyaris Rp300 miliar dan ditanggung seluruhnya oleh MBZ.

Masjid Sheikh Zayed Al-Nahayan mampu menampung 10 ribu jamaah, di mana bangunan utamanya punya kapasitas empat ribu orang. Selebihnya, jemaah dapat menempati pelataran di sisi timur masjid yang cukup luas.

Bukan hanya untuk tempat beribadah, Masjid Sheikh Zayed Al-Nahyan direncanakan menjadi pusat penyebaran Islam moderat di Indonesia. Masjid ini dilengkapi dengan perpustakaan, ruang transit VIP, ruang pengelola, dan taman.