Ini 4 Cara Mengatasi Ketombe yang Muncul di Alis

Kesehatan157 views

Inionline.id – Masalah ketombe tidak hanya muncul di kulit kepala, tetapi juga bisa muncul di alis. Berbeda dengan ketombe di kulit kepala yang mungkin bisa ditutupi, ketombe yang muncul di alis ini biasanya lebih mudah terlihat. Jadi, tak hanya bikin gatal, tetapi juga mengganggu penampilan.

Adapun penyebab munculnya ketombe di alis ini bermacam-macam. Ada yang disebabkan karena kulit wajah bermasalah, mengalami penyakit dermatitis seboroik atau dermatitis kontak, hingga karena infeksi jamur Malassezia. Namun begitu, masih ada cara untuk mengatasinya.

Jangan Malas Membersihkan Wajah

Kulit wajah yang sangat lembap dan berminyak dapat memicu jamur Malassezia berkembang biak secara cepat. Supaya jamur penyebab ketombe ini tak berkembang biak, jangan malas membersihkan wajah.

Terutama setelah berolahraga, bepergian atau beraktivitas berat lainnya. Sebab, wajah biasanya cenderung kotor dan berminyak. Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Jangan lupa lakukan double cleansing sebelum tidur. Habis itu keringkan dengan handuk lembut.

Aplikasikan Pelembap pada Kulit Wajah

Setelah wajah dibersihkan secara tepat, jangan lupa juga untuk mengaplikasikan pelembap. Hal ini karena wajah yang sering dibersihkan biasanya juga rentan membuat kulit kering.

Sementara saat kulit wajah kering, munculnya ketombe pada alis pun juga semakin besar. Kehadiran pelembap ini dapat membantu menjaga kelembapan alami wajah dan kulit di area alis. Di antara pelembap alami yang bisa dimanfaatkan adalah coconut oil dan jojoba oil. Usapkan pada bagian alis.

Manfaatkan Sampo Anti Ketombe Sedikit Saja

Sampo yang mengandung salicylic acid dapat membantu menghilangkan ketombe. Bahan satu ini biasanya ditemukan dalam sampo anti ketombe. Selain itu, di dalam sampo anti ketombe juga terkandung ketoconazole, selenium sulfide, zinc pyrithione, sodium sulfacetamide, atau coal tar.

Bahan-bahan tersebut sebenarnya juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi ketombe di alis. Namun begitu, harus sangat hati-hati saat menggunakannya, karena bagaimanapun sampo untuk rambut terlalu keras untuk digunakan pada alis. Jadi, cukup gunakan sedikit saja untuk membersihkannya.

Apabila masih ragu untuk memanfaatkannya, maka bisa menggunakan pembersih khusus alis, jenggot, maupun kumis dengan kandungan serupa. Gunakan dengan lembut pada alis secukupnya saja. Pijat secara perlahan selama 3-5 menit. Baru kemudian bilas sampai bersih.

Periksa dan Konsultasikan ke Dokter

Bilamana kondisi ketombe pada alis amat parah, maka jangan ragu untuk periksa dan berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kulit. Dokter akan memeriksa apa penyebab ketombe yang muncul pada alis sebenarnya.

Sebab, bisa saja bukan karena jamur Malessezia, tetapi ketombe yang muncul disertai rasa gatal pada alis juga dapat terjadi karena dermatitis seboroik atau penyakit kulit lainnya. Dari situ, dokter kemudian akan memberikan pengobatan yang tepat.