Cara Mengenali Minat dan Bakat untuk Tentukan Jurusan Kuliah

Pendidikan357 views

Inionline.id – Mengenali minat dan bakat sangat penting sebelum memilih jurusan kuliah. Terdapat beberapa cara mengenali minat dan bakat.

“Pertama, perhatikan nilai mata pelajaranmu yang konsisten tinggi. Bisa lihat dari nilai rapor,” ujar psikolog pendidikan, Irene Guntur, dalam siaran Instagram @bp3_kemdikbud dikutip Jumat, 17 Februari 2023.

Kedua, minta afirmasi dari teman, guru, dan orang tua. Kamu dapat meminta pandangan orang lain terkait di bidang mana kamu lebih baik.

“Misal, kamu dibilang ternyata bagus belajar sejarah, atau kamu cepat ya paham kalau belajar akuntansi,” papar dia.

Kemudian, di pelajaran tertentu kamu bisa konsisten belajar. Atau secara konsisten kamu selalu suka pelajaran tersebut.

“Bukan yang hari ini suka geografi, besok enggak suka. Terus memang konsisten suka sama materi-materinya,” tutur dia.

Selanjutnya, kamu juga bisa mengikuti layanan tes minat dan bakat. Irene menuturkan apabila sudah mengetahui minat dan bakat seperti sudah memiliki kompas.

“Sehingga dengan mudah tahu jurusan apa yang mau diambil. Selanjutnya, tinggal melakukan eksplorasi jurusan yang akan diambil,” ujar Irene.

Dia mengatakan dalam mengeksplorasi jurusan, calon mahasiswa diminta mengenal keseluruhan. Bahkan, dari mengenal perguruan tinggi.

“Memilih jurusan itu perlu proses panjang, buka web kampusnya baca jurusannya, lihat mata kuliahnya. Jangan baca nama jurusannya aja. Misal psikologi, ya lihat juga mata kuliahnya. Karena banyak yang masuk psikologi karena enggak mau hitungan, malah dalam psikologi ada hitungan, jangan sampai menghindari sesuatu malah ada,” tutur dia.