Berikut 8 Cara agar Anak Terbiasa Tidur Sendiri Sejak Usia Dini

Kesehatan257 views

Inionline.id – Orangtua bisa mulai membiasakan anak untuk tidur sendiri sejak usia yang sangat dini bahkan sejak bayi. Walau begitu penting bagi orang tua untuk emngetahui kesiapan bayi.

Dilansir dari Fatherly, pada usia tiga bulan, bayi biasanya sudah mulai bisa menenangkan dirinya sendiri. Hal ini merupakan waktu ketika bayi sudah mulai bisa untuk dibiasakan tidur sendiri.

Selanjutnya, pada usia empat hingga enam bulan, bayi biasanya sudah tidak butuh untuk minum susu di tengah malam. Walau begitu, Natalie Barnett, Ph.D., dokter anak dengan kepakaran di masalah tidur mengungkap bahwa seharusnya anak mulai dibiasakan tidur sendiri sejak usia tiga bulan.

Pada usia tiga bulan, transisi bayi ke perubahan tidur ini disebut lebih mudah dilakukan. Ketika bayi sudah mulai terbiasa untuk tidur sendiri, maka selanjutnya dia akan mudah untuk kembali tertidur ketika terbangun di malam hari.

“Yang perlu Anda ketahui adalah bahwa apa yang dibutuhkan bayi untuk mulai tertidur di malam hari merupakan hal yang mereka butuhkan untuk tertidur kembali ketika terbangun di tengah malam,” terang Barnett.

“Jika yang dibutuhkan adalah memegang botol maka itu yang dilakukan. Jika yang dibutuhkan adalah digoyang, maka hal itu yang harus dilakukan saat bangun di malam hari,” sambungnya.

Salah satu hal yang paling sulit dilakukan terhadap anak adalah membuat mereka terbiasa untuk tidur sendiri di malam hari. Beragam faktor baik yang muncul dari diri Anda maupun anak dapat membuat proses ini berjalan tidak mulus dan mengalami banyak masalah.

Tetapi membiasakan anak untuk tidur sendiri ini sangat penting dalam perkembangan diri dan kepribadiannya. Dilansir dari Parents dan Fatherly, berikut sejumlah hal yang perlu dilakukan agar anak menjadi terbiasa untuk tidur sendiri.

1. Kurangi Gangguan

Gangguan ketika seorang anak hendak tidur dapat muncul dari beragam sumber baik itu berupa bunyi-bunyi di sekitar maupun keinginan untuk bermain. Jauhkan anak-anak dari berbagai mainan serta alat elektronik yang dapat mengganggunya seperti televisi, komputer maupun tablet. Selain itu buat kondisi kamar anak cukup tenang serta memiliki cahaya yang remang-remang untuk membantunya tertidur.

2. Kurangi Keberadaan Orang Tua

Keberadaan orang tua yang menemani anak untuk tidur dapat membuat dia mengalami kesulitan untuk tidur sendirian. Usahakan untuk meninggalkan kamar anak sebelum dia tertidur agar tidak tergantung terhadap keberadaan Anda. Ketika berada di kamar anak, jaga jarak an tindakan secukupnya untuk mengurangi ketergantungannya terhadap keberadaan Anda.

3. Berikan Benda-benda yang Bisa Memberikan Perasaan Nyaman

Ketakutan terhadap berbagai sosok yang ada di dalam pikiran merupakan penyebab seorang anak takut untuk tidur sendiri. Ciptakan sebuah kondisi yang cukup nyaman dan memberikan perasaan aman bagi anak agar dia tidak khawatir ketika hendak tidur. Mainan, hewan peliharaan seperti ikan, atau selimut dan bantal kesayangan dapat membuat anak merasa nyaman dan jadi tertidur.

4. Konsisten

Kadang kala ketika hendak meninggalkan anak untuk tidur terdapat perasaan kasihan dan tidak tega pada orang tua, hal-hal semacam ini dapat mengganggu ketika membiasakan seorang anak untuk tertidur. Hal lain yang mungkin terjadi adalah ketika anak tiba-tiba terbangun dan masuk ke kamar Anda. Pada situasi seperti ini sebaiknya ajak dan antarkan anak untuk kembali ke kamarnya.

5. Berikan Hadiah

Pada masa awal-awal membiasakan anak untuk tidur sendiri, penting bagi orang tua agar memberikan hadiah bagi anak. Dengan adanya hadiah ini maka akan muncul perasaan pada anak bahwa usaha dan pengorbanan mereka untuk tidur ini dihargai sehingga mereka jadi rela melakukannya.

6. Pakaiakan Anak Pakaian yang Nyaman

Pada anak, penggunaan pakaian yang membebaskan dan membuat mereka mudah bergerak sangat penting dilakukan ketika tidur. Mengisap jari, memegang rambut, atau hal lain yang menenangkan bayi bisa membantu mereka lebih mudah tertidur ketika terbangun di tengah malam.

7. Pindahkan Bayi ke Kasur yang Nyaman

Pada saat masih kecil, bayi mungkin akan lebih aman dan nyaman tidur di dalam boks. Namun seiring bertambah besar, penting untuk menyiapkan kamar sendiri dengan kasur yang nyaman. Hal ini bisa membuat gerakan mereka tidak terganggu pada saat tidur di malam hari.

8. Fokuskan Waktu Makan di Siang Hari

Anak yang tidur tanpa terganggu dan terbangun di malam hari bisa sangat ditentaukan oleh waktu makan dan pemenuhan kalori di siang harinya. Memperhatikan hal ini bisa membuat anak tidak perlu terbangun di malam hari untuk makan lagi.

Sejumlah cara tersebut bisa sangat membantu agar bayi atau anak bisa tidur sendirian. Hal ini bisa menjadi awal bagi kemandirian anak untuk setidaknya tidur sendiri.