Resep Kue Ku Khas Imlek yang Unik Seperti Kura-Kura

Inionline.id – Merayakan Tahun Baru Imlek rasanya kurang lengkap tanpa adanya deretan makanan yang siap untuk mengisi penuh perut Anda. Selain makanan berat, makanan khas Imlek juga lekat kaitannya dengan kue, salah satunya kue ku dengan warna merahnya yang menyala. Penasaran seperti apa resep kue ku yang manis dan legit ini?

Resep Kue Ku Khas Imlek

Dilansir dari kanal YouTube Chalistaa Kitchen, berikut resep membuat kue ku khas Imlek dengan isian kacang hijau.

Bahan isian:

  • 150 gr kacang hijau kupas
  • 100 gr santan
  • 1/2 sdt garam
  • 5 sdm gula

Bahan kulit:

  • 250 gr tepung ketan
  • 50 gr gula halus
  • 1/2 sdt garam
  • 100 gr kentang kukus
  • 200 ml santan

Cara Membuat Kue Ku Khas Imlek

  1. Pertama, kukus kacang hijau kupas yang sudah direndam selama kurang lebih dua jam. Kukus kacang hijau bersama kentang selama 25 menit dengan air kukusan yang sudah mendidih.
  2. Haluskan kentang dengan bantuan garpu atau sendok. Sementara itu, haluskan kacang hijau dengan santan dan air menggunakan blender.
  3. Selanjutnya, masak kacang hijau yang sudah diblender dengan garam dan gula pasir. Masak menggunakan teflon dengan api kecil sambil terus diaduk sampai adonan kalis dan benar-benar tercampur.
  4. Setelah itu, buat adonan menjadi bulat-bulatan dengan takaran setengah sendok makan, sisihkan.
    Berikutnya, buat kulit kue ku dengan mencampurkan tepung ketan, gula halus, garam, dan kentang yang sudah dikukus dan dihaluskan tadi. Uleni adonan sambil memasukkan santan sedikit demi sedikit. tambahkan juga pewarna makanan ke dalam adonan kulit kue ku.
  5. Jika adonan sudah kalis, ambil sebagian untuk dibentuk dan tutup adonan lainnya yang belum dibentuk menggunakan kain supaya adonan tidak mengembang.
  6. Selanjutnya, siapkan cetakan kue ku diameter 5 cm yang telah dilapisi dengan tepung ketan (supaya tidak lengket)
  7. Pipihkan adonan kulit lalu isi dengan isian kacang hijau yang sudah dibuat. Setelah diisi, pastikan semua sisi adonan kembali tertutup.
  8. Berikutnya, tempatkan adonan yang sudah ada isinya ke dalam cetakan lalu tekan sedikit supaya semua ruang dalam cetakan terisi.
  9. Letakkan kue ku yang sudah dicetak di atas kulit pisang yang sudah dipotong kecil-kecil dan diolesi minyak goreng. Lakukan sampai semua adonan habis.
  10. Setelah itu, kukus kue ku selama 12 menit dengan api sedang (pastikan air kukusan sudah mendidih). Buka kukusan setiap 5 menit sekali supaya kue ku tidak mengembang dan melebar.
  11. Setelah dikukus dan masih panas, beri olesan minyak goreng tipis di bagian atas kue ku lalu gunting alas daun pisangnya sampai rapi.
  12. Kue ku siap disajikan.

Itulah resep kue ku khas Imlek yang bisa Anda coba di rumah. Selamat mencoba!