Berikut ini 5 Manfaat Tak Terduga Kulit Lemon

Berita357 views

Inionline.id – Buah lemon terkenal banyak manfaat. Banyak orang rutin minum air lemon demi menjaga kesehatan, bisa juga jadi bahan penting dalam racikan salad dressing.

Menariknya, kulit lemon rupanya juga kaya manfaat. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak langsung membuang kulit lemon. Bahan ini bisa dimanfaaatkan untuk hal-hal lain, berikut beberapa di antaranya.

Selai kulit lemon

Campurkan kulit lemon segar, ekstrak lemon beserta air dan gula ke dalam panci. Panaskan sambil aduk terus adonan hingga menjadi kental dan lembek. Setelahnya, haluskan. Anda juga bisa menambahkan kayu manis untuk memperkuat rasanya.

Ilustrasi Buah Lemon.[Pexels.com/Sarah Chai]
Ilustrasi Buah Lemon.

Minyak kulit lemon

Penggunaan minyak kulit lemon bisa memberi Anda kulit bercahaya serta membantu melembabkan kulit dengan tambahan vitamin C dan antioksidan.

Homemade salad dressing

Parut kulit lemon segar dan taruh di atas kertas perkamen, biarkan. Jemur di bawah sinar matahari atau panggang selama 2-3 menit.

Campur bahan ini dengan minyak zaitun, daun rosemary, merica hitam dan aduk rata. Anda bisa menggunakannya untuk memberikan sentuhan aromatik saat menikmati salad segar.

Pembersih hama

Selain bisa dijadikan pewangi ruangan alami, kulit lemon dapat dimanfaatkan sebagai pembunuh hama dan serangga yang baik.

Campurkan kulit lemon dengan bola naftalena yang dihancurkan, detergen, cuka, dan jus lemon dalam botol semprot. Anda tinggal menyemprotkannya di area yang terkena hama atau serangga yang tidak diinginkan.

Ilustrasi Buah Lemon. (Pixabay/stevepb)
Ilustrasi Buah Lemon.

Bubuk kulit lemon

Bubuk kulit lemon juga bisa menambah khasanah cita rasa sajian sehari-hari. Anda bisa menambahkannya pada salad, adonan kue, kari, kaldu, makanan penutup, hingga sup untuk menambah kesegaran dan rasa.

Membuat bubuk kulit lemon juga tidak sulit. Anda hanya perlu memarut kulit lemon, lalu jemur sampai kering. Haluskan kulit lemon yang sudah mengering, lalu simpan di tempat kering dan sejuk.