Rektor Unej Mengingatkan Kaum Muda Fondasi Bangsa

Pendidikan257 views

Inionline.id – Universitas Jember (Unej) mewisuda 1.000 lulusan dari jenjang Diploma, Sarjana, hingga Pascasarjana pada upacara Wisuda Periode IV Tahun Akademik 2022/2023. Rektor Universitas Jember Iwan Taruna menegaskan pentingnya peran dan tanggung jawab lulusan yang mayoritas kaum muda dalam pembangunan Indonesia.

“Kaum muda adalah fondasi negara, maka kaum muda yang terdidik menjadi penggerak kemajuan bangsa. Oleh karena itu bangsa ini menunggu kontribusi Anda, lulusan Universitas Jember,” kata Iwan dikutip dari laman unej.ac.id, Selasa, 24 Januari 2023.

Dia mengatakan caranya dengan mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi yang didapat di bangku kuliah dalam kehidupan nyata sesuai porsi masing-masing. Dia mengatakan proses belajar di kampus memang sudah usai, tapi proses belajar di kehidupan nyata baru saja dimulai.

“Oleh karena itu tetaplah menjadi pembelajar seumur hidup serta siap beradaptasi dalam situasi apa pun,” pesan Iwan.

Iwan mengatakan bangsa Indonesia patut bersyukur sebab penanganan pandemi covid-19 makin membaik sehingga sendi-sendi kehidupan mulai menggeliat. Dia menyebut ada secercah harapan situasi sosial ekonomi Indonesia dan dunia bakal menunjukkan perbaikan.

Walaupun masih dibayangi ketidakmenentuan mengingat di belahan dunia lain konflik masih belum berakhir. Masa recovery ini menjadi kesempatan bagi kaum muda untuk bangkit dan menunjukkan jati diri.

Pada wisuda periode IV, peraih lulusan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi di jenjang doktoral (S3) adalah Dr. Dewi Fitrotus Sa’diyah, SHI., MEI dari Program Doktor Ilmu Administrasi FISIP dengan IPK 3,91. Kemudian Sinta Priciliya, S.Pd., M.Pd., dari Program Studi Magister Pendidikan Matematika FKIP yang meraih IPK sempurna alias 4,00 dalam waktu studi 1 tahun 10 bulan dan 9 hari.

Disusul Naura Paramitha Cindy Ardyah, S.Si yang meraih IPK 3,90. Wisudawan asli Jember ini adalah lulusan Program Studi Biologi FMIPA. Sementara itu, Program Studi Diploma 3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Kampus Pasuruan mengirimkan wisudawannya Wiwid Novita Sari, AMd.Kep., sebagai wisudawan dengan IPK tertinggi di jenjang diploma dengan IPK 3,96.

Wakil Rektor I Universitas Jember, Slamin, menyebut tanda makin membaiknya kondisi penanganan pandemi covid-19 juga terasa di upacara Wisuda Periode IV. Apabila di upacara wisuda sebelunya hanya boleh dihadiri wisudawan, kini orang tua wisudawan sudah boleh hadir.

Meski, masih terbatas hanya untuk orang tua wisudawan berprestasi. Rencananya, pada upacara Wisuda Periode V, seluruh orang tua wisudawan diperbolehkan mendampingi putra-putrinya.

“Namun tentu saja kami harus melakukan kajian bersama Tim Tanggap Darurat Kesiapsiagaan Bencana Covid atau TTDKBC Universitas Jember sebelum menetapkan kebijakan yang mengizinkan orang tua wisudawan boleh hadir di upacara,” tutur Slamin.

Termasuk, kata dia, mempertimbangkan kapasitas Gedung Auditorium dalam menampung wisudawan, orang tua wisudawan, dan panitia. Sehingga, tetap mengikuti aturan yang ada.
“Semoga kondisi Indonesia makin baik sehingga kita bisa kembali menggelar upacara wisuda seperti sedia kala,” ujar Slamin.