4 Makanan yang Ternyata Bisa Jadi Penyebab Migrain

Kesehatan157 views

Inionline.id – Sering mengalami migrain atau sakit kepala sebelah jelas jadi dilema tersendiri. Apalagi kadang kondisi ini kambuh di momen-momen yang kurang pas, misalnya saja saat sedang sibuk kerja menyelesaikan deadline, atau ketika seharusnya bisa bermain dengan buah hati tercinta saat weekend tiba.

Bagi yang sering mengalami masalah kesehatan tersebut, belajar memahami penyebab migrain yang dialami adalah kuncinya. Tahukah kamu kalau salah satunya bisa disebabkan oleh makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari? Yuk, kenali makanan apa yang perlu kamu hindari!

Cokelat

Dikenal sebagai salah satu makanan mood booster yang jadi favorit, cokelat ternyata juga menjadi pemicu migrain paling umum. Dilansir dari American Migraine Foundation, sekitar 22% pengidap migrain setuju bahwa cokelat bisa menjadi salah satu alasan yang membuat migrain kambuh. Hal ini diduga karena kandungan feniletilamin dan kafein yang ada di dalamnya.

Untungnya, nggak semua pengidap migrain merasakan hal yang sama. Cokelat bisa menjadi pemicu migrain, hanya saja untuk orang-orang yang sensitif. Jika memang tidak ada masalah selama mengonsumsi cokelat, kamu bisa tetap menikmati makanan tersebut. Namun, tetap perhatikan asupannya agar tidak berlebihan.

Aneka Daging Olahan

Produk daging olahan memang bisa dikreasikan menjadi berbagai hidangan lezat. Misalnya saja sosis atau smoked beef yang biasa melengkapi kreasi pizza di rumah. Namun, tahukah kamu kalau jenis makanan ini juga bisa membuat kondisi migrain jadi mudah kambuh?

Daging olahan memiliki kandungan nitrat dan nitrit, sejenis zat pengawet yang biasanya ada pada daging olahan. Zat tersebut memang aman dikonsumsi, namun bisa menyebabkan pelebaran pembuluh darah dan memicu migrain pada sebagian orang. Memang nggak semua penderita migrain mengalami efek yang sama, namun nggak ada salahnya lebih mengamati apa yang kamu konsumsi.

Makanan dan Minuman Dingin

Menikmati makanan dan minuman dingin seperti es krim ternyata juga dapat merangsang gejala migrain kambuh. Hal ini biasanya lebih mudah terjadi pada orang-orang yang sensitif.

Muncul rasa kram pada kepala saat menikmati makanan dan minuman dingin terlalu cepat. Rasa sakitnya bisa mengalami puncak selama 30-60 detik. Orang yang mengidap migrain bisa mengalaminya, namun biasanya rasa sakit tersebut tidak bertahan lama.

Makanan dan Minuman dengan Pemanis Buatan

Kamu termasuk pencinta makanan manis? Waspada kalau mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung pemanis buatan seperti aspartam. Pasalnya, zat tersebut bisa memicu kondisi migrain kambuh, lho.

Efeknya memang berbeda, namun dari hasil penelitian, sebagian orang mengalami frekuensi migrain yang meningkat jika mengonsumsi aspartam dalam kadar tinggi. Hal inilah yang membuat penderita migrain harus lebih hati-hati dalam mengonsumsi makanan dan minuman sehari-hari.

Selain memperhatikan makanan dan gaya hidup sehari-hari, penderita migrain juga sebaiknya melakukan konsultasi kepada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Jika nggak sempat antre langsung ke rumah sakit atau klinik, memanfaatkan layanan telemedicine bisa jadi pilihan. Yuk, saatnya mulai terapkan gaya hidup sehat!