Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Kesehatan257 views

Inionline.id – Puasa kerap kali dikaitkan dengan bulan Ramadan. Namun tidak hanya untuk memenuhi kewajiban dan tradisi beragama saja, tetapi dengan menjalankan puasa terdapat berbagai manfaat untuk menunjang kesehatan tubuh. Dilansir dari Boulder Medical Center, puasa merupakan keinginan untuk menahan atau mengurangi sebagian atau seluruh makanan, minuman atau keduanya dalam jangka waktu tertentu.

Makanan olahan dan cepat saji memang menggiurkan karena rasanya yang enak. Namun makanan ini dapat memperburuk kesehatan tubuh. Hingga menimbulkan penyakit serius seperti obesitas dan diabetes.

Dengan melakukan puasa, hasrat untuk mengonsumsi makanan olahan tersebut ditekan dan menggantinya dengan makanan sehat. Sebab makanan sehat seperti buah dan sayuran mengandung serat tinggi yang dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama.

Selain itu puasa dapat menghilangkan racun yang ada di dalam tubuh akibat mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Puasa dapat membersihkan sel-sel dalam tubuh yang rusak dan meregenerasinya menjadi sel yang baru. Sehingga hal ini dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Berikut ini adalah beberapa manfaat puasa bagi kesehatan yang dikutip dari Healthline:

Mencegah Diabetes dan Melawan Inflamasi

1. Meningkatkan Kontrol Gula Darah

Beberapa penelitian mendapatkan hasil bahwa dengan berpuasa dapat membantu meningkatkan kadar gula darah yang berguna untuk mereka yang memiliki resiko diabetes. Dengan mengurangi penolakan atau resistensi insulin, hal ini dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin dan memungkinkan untuk mengangkut glukosa ke sel-sel tubuh secara efektif.

Namun perlu diketahui bahwa pada beberapa penelitian, berpuasa untuk meningkatkan kontrol gula darah dapat memberikan efek yang berbeda bagi perempuan dan laki-laki. Penelitian kecil selama tiga minggu menunjukkan bahwa puasa mengganggu kontrol gula darah pada wanita tetapi tidak berpengaruh pada pria.

2. Melawan Peradangan

Peradangan merupakan proses normal kekebalan tubuh untuk membantu melawan infeksi. Tetapi, peradangan kronis dapat menimbulkan penyakit serius bagi tubuh seperti penyakit jantung dan kanker.

Berpuasa merupakan salah satu cara untuk mengurangi tingkat peradangan dan membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Penelitian pada 50 orang dewasa sehat menunjukkan bahwa puasa selama satu bulan secara signifikan menurunkan tingkat gejala inflamasi.

Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Otak

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung 

Penyakit jantung dapat berakibat fatal yaitu kematian. Mengubah pola makan dan pola hidup menjadi lebih sehat dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa dengan berpuasa selama 8 minggu dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dan trigliserida sebanyak masing-masing 25% dan 32%. Studi lain yang dilakukan pada 110 orang dewasa terkena obesitas yang melakukan puasa selama 3 minggu dapat menurunkan tekanan darah serta kolesterol jahat secara signifikan

4. Meningkatkan Fungsi Otak Dan Menekan Penyakit Neurodegeneratif

Penelitian menyebutkan bahwa dengan melakukan puasa selama 11 bulan dapat membantu meningkatkan fungsi dan struktur otak. Selain itu, puasa dapat melindungi kesehatan otak dan meningkatkan sel saraf untuk membantu meningkatkan fungsi kognitif.

Salah satu manfaat puasa adalah mengurangi peradangan atau inflamasi. Sehingga puasa dapat mencegah resiko penyakit neurodegeneratif seperti alzheimer dan parkinson.

Menurunkan Berat Badan dan Meningkatkan Hormon

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Dengan membatasi asupan makanan yang masuk dalam tubuh, puasa merupakan salah satu cara efektif yang dipilih untuk menurunkan berat badan. Studi membuktikan bahwa dengan berpuasa selama satu hari dapat mengurangi berat badan sebanyak 9% dan mengurangi lemak tubuh secara signifikan selama 12-24 minggu.

Untuk menurunkan berat badan biasanya kebanyakan orang melakukan pembatasan kalori. Namun ternyata hal ini kurang efektif. Melakukan puasa terbukti dapat meningkatkan pembakaran lemak sekaligus menjaga jaringan otot.

6. Meningkatkan Produksi Hormon Yang Penting Untuk Pertumbuhan, Metabolisme, Dan Kekuatan Otot

Hormon pertumbuhan manusia merupakan salah satu tipe hormon protein yang memegang peranan penting bagi kesehatan tubuh. Salah satu studi menyebutkan bahwa dengan berpuasa selama 24 jam dapat meningkatkan hormon pertumbuhan manusia secara signifikan.

Selain meningkatkan produksi hormon, puasa juga membantu untuk mengoptimalkan kadar hormon pertumbuhan yang berpengaruh dengan peningkatan insulin. Hormon ini nantinya akan berperan pada metabolisme tubuh serta kekuatan otot.

Selain untuk memenuhi kewajiban dan tradisi beragama, banyak manfaat kesehatan bagi tubuh dalam menjalankan puasa. Puasa dapat membantu menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan otak dan metabolisme tubuh, serta membantu melawan inflamasi atau peradangan.