Berikut Tips Mudah Menjaga Kesehatan Mata

Berita257 views

Inionline.id – Sering diibaratkan sebagai jendela dunia, mata memang menjadi salah satu organ tubuh yang penting untuk mendukung kegiatan sehari-hari. Penglihatan yang jelas tentunya dapat meningkatkan fokus dan produktivitas dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Jadi, sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan mata karena organ tersebut dapat mengalami penurunan fungsi seiring dengan gaya hidup dan bertambahnya usia.

Ternyata, menjaga kesehatan mata bisa dilakukan dengan beberapa langkah sederhana berikut ini. Yuk, mulai terapkan dari sekarang!

Konsumsi Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

Hal sederhana tapi penting yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata adalah pemilihan makanan yang tepat. Sama seperti bagian tubuh lainnya, mata juga memerlukan nutrisi yang tepat agar bisa menjalankan fungsinya dengan optimal dan meminimalisir masalah kesehatan mata.

Selain wortel, ada banyak makanan lain yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan indera yang satu ini. Misalnya saja sayuran hijau yang mengandung vitamin C dan E untuk menjalankan fungsi mata dengan baik. Keduanya juga mengandung zat antioksidan yang dapat melindungi sel mata dari radikal bebas dan pancaran blue light yang berlebih.

Makanan lain yang juga baik untuk kesehatan mata adalah telur, jeruk, daging sapi, ayam dan ubi jalar. Pastikan konsumsi makanan bernutrisi tersebut secara rutin untuk menjaga kesehatan penglihatan.

Rutin Melakukan Olahraga

Melakukan latihan fisik secara rutin ternyata nggak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung atau paru-paru saja. Olahraga rutin juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit mata, termasuk menurunkan risiko kehilangan penglihatan yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi, diabetes, dan kolesterol.

Jadi, mulailah untuk melakukan olahraga ringan secara rutin setiap hari. Kamu bisa mencoba jogging, bersepeda, atau melakukan cardio yang juga membantu menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Berikan Perlindungan dari Radiasi Sinar UV

Bagi yang melakukan berbagai aktivitas di luar rumah, memberikan perlindungan kulit dari radiasi sinar UV sudah jadi hal yang wajib. Namun, bukan hanya itu saja yang perlu dilakukan. Mata juga perlu dilindungi dari efek negatif radiasi sinar UV karena paparan yang terlalu sering berisiko mengalami katarak, degenerasi makula, kornea terbakar, hingga kanker mata.

Jadi, biasakan diri untuk memberikan perlindungan yang baik untuk mata saat melakukan aktivitas di luar ruangan. Misalnya dengan menggunakan sunglasses atau kacamata hitam dan topi yang meminimalisir paparan langsung di bagian mata.

Jaga Mata dari Penggunaan Gadget Terlalu Lama

Menatap layar laptop atau smartphone dalam waktu yang lama memang jadi bagian dari keseharian kaum urban masa kini. Namun, paparan yang terlalu lama juga bisa menyebabkan masalah kesehatan pada penglihatan, salah satunya mata lelah.

Saatnya jaga mata dari kebiasaan ini dengan cara yang tepat. Setiap 20 menit sekali, istirahatkan mata selama 20 detik, caranya adalah dengan mengalihkan pandangan ke arah lain. Selain itu, setiap 2 jam sekali kamu juga bisa beristirahat selama 15 menit. Cara ini dapat membantu menjaga mata tetap sehat selama bekerja.

Rutin Perika Kondisi Mata

Hal lain yang nggak boleh dilewatkan adalah periksa kondisi mata secara rutin setidaknya 1 tahun sekali. Ini sangat penting untuk mengetahui kondisi mata paling update, mulai dari apakah terdeteksi mengalami gangguan penglihatan atau gangguan kesehatan mata lainnya. Semakin cepat diketahui, semakin dapat ditangani dengan baik.

Lewat beberapa hal sederhana, ternyata bisa membantu menjaga kesehatan mata dengan baik. Saatnya mulai lakukan kebiasaan di atas agar penglihatan tetap optimal hingga masa tua nanti!