Berikut ini 4 Wisata Religi Islam di Madura yang Ramai Dikunjungi

Inionline.id – Madura lekat dengan agama Islam, karena mayoritas penduduknya beragama Islam. Tidak mengherankan kalau terdapat beberapa wisata religi Islam di Madura yang ramai dikunjungi baik oleh warga Madura dan wisatawan di luar Madura.

Wisata religi Islam memiliki daya tarik tersendiri. Pasalnya orang-orang, akan berwisata sekaligus melakukan berbagai kegiatan spiritual sehingga berpengaruh terhadap keimanan serta ketenangan hati mereka.

1. Masjid Agung Sumenep

Destinasi pertama adalah Masjid Agung Sumenep. Masjid ini telah dibangun sejak lama tepatnya pada tahun 1779. Tempat beribadah ini menawarkan perpaduan arsitektur Eropa, Tiongkok, Madura dan Jawa.

Hal ini yang membuat umat muslim mengunjungi masjid tersebut, baik untuk mendirikan sholat atau kegiatan ibadah lainnya seperti membaca Al-Quran di masjid kebanggan warga Madura ini.

2. Museum Keraton Sumenep

Madura, tepatnya di Kabupaten Sumenep memiliki keraton yang sudah ada sejak lama. Saat ini keraton tersebut beralih fungsi menjadi museum yang menyimpan peninggalan Keraton Sumenep di masa lalu seperti senjata perang dan kereta kencana.

Selain itu tersimpan pula Al-Quran raksasa dengan panjang 4 meter, lebar 3 meter dan berat mencapai 500 kg. Al-Quran tersebut sudah ada sejak lama, dan masih terawat hingga sekarang. Kamu pun bisa melihat Al-Quran raksasa tersebut di museum ini.

3. Makam Syaikhona Cholil

Wisata religi Islam di Madura berikutnya adalah Makam Syaikhona Cholil. Setiap harinya makam ini selalu dibanjiri oleh peziarah karena Syaikhona Cholil merupakan salah satu pemuka agama Islam yang berpengaruh di Jawa Timur serta salah satu penggagas organisasi Nahdatul Ulama.

Sebagai salah satu penyebar agama Islam di zaman dahulu, membuat banyak orang mengunjungi makamnya untuk berziarah dan berdoa. Selain bisa mengunjungi Makam Syaikhona Cholil, pengunjung dapat pula beribadah Masjid Mubarok Murtajasah, yang merupakan masjid terindah kedua di Jawa Timur.

4. Makam Asta Tinggi

Terakhir adalah Makam Asta Tinggi. Wisata religi Madura ini merupakan kompleks pemakaman yang merupakan makam raja-raja di Sumenep. Makam ini sudah ada sejak tahun 1750 dan untuk mengunjungi makam, kamu harus mengikuti beberapa persyaratan.

Peziarah ketika ingin mendekati makam Asta Tinggi diusahakan untuk selalu melepas alas kaki terlebih dahulu dan juga harus menjaga kebersihan di area makam.

Oke, itu tadi informasi mengenai 4 wisata religi Islam di Madura. Semoga bermanfaat bagi kamu yang ingin berwisata di Pulau Madura.