Demi Istirahat Malam yang Makin Berkualitas ini 4 Langkah Mengatasi Kamar Lembap

Inionline.id – Sebagai tempat beristirahat di malam hari, kamar yang bersih dan nyaman sudah pasti jadi kebutuhan agar tidur makin berkualitas. Namun, bagaimana kalau ternyata kondisi kamar yang ditempati malah cenderung lembap sehingga memunculkan jamur di mana-mana? Hal ini tentu saja bisa mempengaruhi kesehatan pemiliknya, lho.

Secara umum, kondisi kamar yang lembap bisa disebabkan udara di luar yang juga lembap. Biasanya hal ini terjadi jika lokasi rumah memang berada di daerah yang memiliki udara lembap. Selain itu, bentuk bangunan juga mempengaruhi, misalnya kurangnya ventilasi dan sinar matahari yang masuk bisa menyebabkan kondisinya lembap dan berjamur. Demi istirahat di malam hari yang lebih berkualitas, intip dulu beberapa tips mengatasi kamar lembap!

Temukan Penyebab Kamar Jadi Lembap

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, penyebab kamar lembap bisa jadi karena kondisi udara di luar. Namun, ada juga penyebab lain misalnya saja kamar bocor atau AC yang bocor sehingga tetesan air yang ada membuat kondisi jadi lembap. Jika penyebabnya karena kerusakan tersebut, segera perbaiki agar kondisinya tidak semakin parah.

Jangan lupa untuk bersihkan kamar secara menyeluruh. Jika jamur sudah mulai muncul di sekitar dinding, lantai, hingga perabotan, segera bersihkan agar tidak menyebar ke bagian lainnya. Pastikan lindungi diri dengan masker dan sarung tangan karet saat akan bersih-bersih untuk mencegah infeksi jamur pada tubuh.

Pastikan Sirkulasi Udara di Kamar Baik

Untuk mengatasi kelembapan di kamar, langkah lain yang bisa dilakukan adalah dengan memperhatikan sirkulasi udara di dalamnya. Jendela atau ventilasi kamar yang baik jadi kunci pertukaran udara sekaligus menghilangkan kelembapan di dalamnya.

Jika memang kamar tidak memiliki jendela atau ventilasi yang dibutuhkan, sekarang waktunya untuk mulai merancang hal tersebut. Biar bagaimana pun kualitas udara yang baik di dalam kamar sangat penting untuk menjaga kesehatan penghuninya. Supaya ada pertukaran udara, bukalah jendela kamar setiap pagi selama 15 menit.

Jangan Biarkan Barang Menumpuk di Kamar

Kalau merasa kamar terlalu lembap, coba perhatikan kondisi di sekitar. Apakah kamu menumpuk terlalu banyak barang di dalam kamar? Jika jawabannya adalah iya, bisa jadi hal tersebut yang menjadi penyebab kamar dalam kondisi lembap.

Barang-barang yang menumpuk di daam kamar nggak hanya bikin ruangan jadi sesak saja, tapi juga dapat membuat sirkulasi udara jadi terganggu. Sebaiknya coba pilah-pilih kembali benda apa saja yang disimpan di dalam kamar dan singkirkan barang yang tidak terlalu penting agar kualitas udara jadi lebih baik.

Manfaatkan AC atau Dehumidifier

Cara lain yang bisa jadi trik mengatasi kamar lembap adalah dengan menggunakan AC atau dehumidifier. Selain bisa membuat ruangan lebih sejuk, AC dapat membantu kondisi kamar agar tidak lembap secara mekanik, karena benda ini juga memyerap kelembapan udara di dalam ruangan dan membuangkan ke udara luar.

Selain AC, penggunaan dehumidifier juga jadi salah satu yang disarankan. Sesuai namanya, benda yang satu ini memiliki peran untuk mengurangi kelembapan udara dalam ruangan tertutup.

Berbagai trik di atas bisa dicoba untuk mengurangi kelembapan di dalam kamar, sehingga ruangan tersebut bisa lebih nyaman dan sehat. Istirahat di malam hari pun makin maksimal dengan kamar yang terjaga kelembapannya!