8 Rekomendasi Destinasi Wisata Saat Tahun Baru Imlek

Inionline.id – Meski perayaan Imlek tahun ini jatuh pada akhir pekan, Minggu (22/1), suasana liburan jangan sampai terlewatkan.

Terlebih, berdasarkan surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023 yang dikeluarkan pemerintah, cuti bersama perayaan Imlek bisa diambil keesokan harinya pada Senin (23/1).

Momentum tersebut bisa dimanfaatkan untuk menikmati perayaan imlek dengan berkumpul bersama keluarga maupun kerabat, atau sekadar menikmati suasana dekorasi dan kuliner bertemakan imlek.

Bila bingung pilih destinasi saat Imlek, berikut rekomendasi tiket.com tentang tempat liburan yang tetap banyak diskon.

1. Jakarta

Ibu kota Jakarta tentu tidak akan kelewatan aneka ragam keseruan saat liburan Imlek. Jajaran kegiatan wisata menelusuri area pecinan bisa dilakukan, seperti eksplor Kawasan Klenteng dan Pasar Petak Sembilan di area Glodok Jakarta Barat yang cocok bagi para penikmat kuliner.

Bisa juga berkunjung ke area fotogenik di bagian utara Jakarta, yakni Pantjoran PIK. Sampai di PIK bisa staycation bersama keluarga maupun sahabat dengan konsep menginap serviced apartment  di Oakwook PIK Jakarta. Atau menginap di tengah kota Jakarta di Fraser Residence Menteng Jakarta dengan harga mulai dari Rp1jutaan.

2. Bogor 

Tionghoa
Tionghoa

Telusuri kawasan komunitas Tionghoa di area Suryakencana, area ini cocok menjadi tujuan untuk berwisata bertemakan Imlek di Bogor. Memiliki area yang unik, “pecinan Bogor” ini amat berbaur dengan budaya lokal terutama suku Sunda sehingga menghasilkan ragam budaya dan kuliner yang khas.

Wisatawan juga bisa menikmati alam Suryakencana pecinan Bogor dengan menelusuri jalan utamanya sepanjang satu kilometer. Pada bagian di sisi-kanan kirinya terdapat destinasi wisata religi, budaya, dan kuliner.

Bila bosan dengan kegiatan wisata pecinan yang klasik, dapat mengajak anak-anak untuk berkunjung ke Istana Panda yang terdapat di Taman Safari Indonesia dengan diskon tiket murah Rp190 ribu yang dapat dibeli melalui fitur To-Do di aplikasi tiket.com.

3. Bandung

Bila berencana habiskan wakti libur di Bandung, saatnya cari promo hotel. Salah  satunya Hotel Janevalla Bandung yang diskon mulai dari Rp499 ribu. Mencari villa dengan suasana berbeda juga dapat jadi pilihan menginap di Yellow House Bandung yang memiliki konsep rumah minimalis dengan lokasi pinggir sungai yang asri, dibandrol mulai dari Rp1 jutaan.

 4. Semarang

Klenteng Sam Poo Kong masih bisa dikunjungi oleh wisatawan meski sempat terjadi insiden kebakaran di komplek Klenteng Utama Sam Poo Kong yang disebabkan oleh lilin. [Suara.com/Dafi Yusuf]

Semarang mempunyai salah satu kelenteng wisata yang terkenal, yakni Kelenteng Sam Poo Kong yang berada di daerah Simongan, sebelah barat daya kota Semarang. Pilihan aktivitas ke taman hiburan juga dapat menjadi rekomendasi mengisi Imlek dengan mengunjungi Saloka Theme Park dengan harga mulai dari Rp120 ribuan. Pilihan diskon hotel yang berlokasi di area kawasan Chinatown Semarang juga tersedia, di antaranya Chanti Hotel Semarang mulai dari Rp650 ribuan dan Gumaya Tower Hotel Semarang mulai dari Rp1,3 jutaan.

 5. Surabaya

Kelenteng Hong Tiek Hian dapat jadi salah satu pilihan destinasi untuk berwisata saat berkunjung ke Surabaya. Kelenteng itu terkenal akan pusat kemeriahan perayaan Imlek. Wajar saja, karena Hong Tiek Hian menjadi kelenteng tertua di Surabaya.

Tidak hanya merayakan di kelenteng, warga Surabaya juga biasanya merayakan Imlek dengan beragam aktivitas yang semarak di berbagai pusat perbelanjaan. Bisa mengunjungi Kya-Kya di Jalan Kembang Jepun untuk menikmati surga wisata kuliner khas etnis Tionghoa maupun jajaran kelezatan kuliner mancanegara.

6. Malaysia

Bila berencana ke luar negeri dalam waktu singkat, negara tetangga seperti Malaysia bisa jadi pilihan. Rasakan kemeriahan Tahun Baru Imlek di area Chinatown di jalan Petaling. Warga serta wisatawan dapat menikmati atraksi barongsai.

Khusus waktu Imlek, terdapa promo tiket pesawat untuk liburan lebih hemat dengan rute Medan-Kuala Lumpur mulai dari Rp400 ribuan yang disediakan oleh Air Asia. Sempatkan untuk kunjungi LEGOLAND Malaysia dengan diskon tiket Rp660 ribuan. Juga menginap di hotel dekat LEGOLAND di Somerset Medini Iskandar Puteri mulai dari Rp680 ribuan.

7. Singapura

Singapura juga bisa jadi pilihan yang strategis agar bisa libiran ke luar negeri dalam waktu singkat. Promo tiket pesawat murah Jakarta-Singapura mulai dari Rp900 ribu jangan sampai dilewatkan untuk berlibur akhir pekan.

Kunjungi area Tiong Bahru untuk memanjakan lidah dan perut dengan kuliner khas Cina serta makanan yang selalu disajikan khusus setiap perayaan Imlek. Areabtersebut memang menjadi surga dari kuliner khas pecinan. Belum lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke area Chinatown Singapura yang juga menjadi salah satu pusat sejarah serta wisata yang digemari berkat perpaduan nuansa tradisional dan masa kini.

8. Thailand

Tercatat memiliki hampir separuh dari penduduk Thailand merupakan keturunan Tionghoa. Ibukota Bangkok pun menjadi komplek pecinan terbesar kedua di dunia. Saat Imlek, festival kuliner akan selalu digelar untuk sekadar memanjakan lidah para pengunjung.

Dari pertunjukan Barongsai, acara musik, hingga pesta kembang api, Bangkok sangat tepat dikunjungi saat perayaan Imlek, maka berkunjunglah ke Kawasan Pecinan Yoawarat karena area tersebut akan menjadi tempat utama di Bangkok, yakni sebuah area di mana semua acara besar Imlek diadakan.

Promo tiket pesawat Jakarta-Bangkok bisa didapat mulai dari Rp2 juta. Lanjutkan perjalanan dari Bangkok menuju Phuket dengan tiket pesawat mulai dari Rp400 ribu akan menambah pengalaman liburan di Thailand yang tak terlupakan.