4 Makanan dan Minuman yang Bisa Meningkatkan Kualitas Tidur

Kesehatan057 views

Inionline.id – Insomnia adalah gangguan tidur yang dapat menyebabkan seseorang menjadi sulit tidur, sudah tidur namun terbangun di malam hari kemudian sulit lagi untuk tertidur. Alhasil di pagi hari saat bangun dari tidur, kamu merasa kelelahan.

Ketika kamu mengalami insomnia atau sulit tidur, tentu akan berdampak pada kesehatanmu. Bukan hanya melemahkan tingkat energi tapi juga mengganggu suasana hati, performa kerja, dan kualitas hidupmu sedikit menurun.

Secara umum, orang dewasa disarankan untuk tidur selama 7 sampai 9 jam tanpa ada gangguan sama sekali, meskipun beberapa orang mengalami kesulitan tidur sehingga tidak mendapatkan tidur yang cukup.

Ada banyak cara untuk meningkatkan kualitas tidur, termasuk menjaga pola makan karena beberapa makanan baik dikonsumsi untuk meningkatkan kualitas tidur. Apa saja makanan tersebut? Simak penjelasan di bawah ini:

Teh Chamomile
Teh chamomile adalah teh herbal yang memberikan berbagai manfaat kesehatan. Teh ini terkenal dengan kandungan flavonnya. Flavon adalah sejenis antioksidan yang dapat mengurangi peradangan penyebab penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung.

Secara khusus, teh chamomile mengandung apigenin. Antioksidan ini dapat meningkatkan rasa ngantuk dan mengurangi insomnia. Teh ini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi kecemasan dan depresi, serta meningkatkan kesehatan kulit. Minum teh chamomile patut dicoba jika kamu ingin meningkatkan kualitas tidur.

Teh Passion Flower
Passion flower adalah bahan herbal tradisional yang digunakan untuk mengobati beberapa penyakit, seperti kecemasan, insomnia, kejang, dan sebagainya. Bahan herbal ini kaya akan antioksidan flavonoid yang dikenal akan perannya dalam mengurangi peradangan, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Antioksidan apigenin di dalam passion flower juga menghasilkan efek menenangkan di dalam otak. Sehingga efek menenangkan ini dapat meningkatkan rasa kantuk dan membuat otot lebih rileks.

Kacang Almond
Almond adalah jenis kacang yang baik untuk kesehatan. Mengonsumsi almond secara teratur dapat menurunkan risiko beberapa penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Hal ini disebabkan karena kacang ini mengandung lemak sehat, serat, dan antioksidan.

Jenis kacang ini juga merupakan sumber hormon melatonin. Melatonin adalah hormon alami tubuh yang berperan penting untuk mengatur pola tidur.

Jika ingin makan almond sebelum tidur untuk membuktikan khasiatnya, coba makan sebanyak satu genggaman tangan.

Kiwi
Kiwi adalah buah rendah kalori dan sangat bergizi. Kiwi bagus untuk kesehatan pencernaan, mengurangi peradangan, dan dapat menurunkan kolesterol. Efek ini disebabkan karena tingginya jumlah serat dan antioksidan karotenoid yang terkandung di dalamnya.

Buah yang memiliki banyak manfaat kesehatan ini, bisa membantu memperbaiki kualitas tidur karena buah ini mengandung hormon serotonin. Serotonin adalah zat kimia yang berperan dalam mengatur suasana hati dan siklus tidur. Mengonsumsi 1-2 buah kiwi sebelum tidur dapat membantu kamu tertidur lebih cepat dan tidur lebih lama.

Menariknya lagI, kiwi memiliki kandungan vitamin C yang lebih banyak dibanding buah lainnya loh! Jika mengonsumsi 100 gram kiwi sama dengan kamu mendapat ‘suntikan’ vitamin C sebanyak 100 mg.

Nah, buat kamu yang ingin mencoba khasiat kiwi, nggak perlu repot keluar rumah untuk mencari buah tersebut. Kamu cukup buka smartphone-mu lalu buka aplikasi layanan ojek online yang dirancang juga untuk menjangkau pasar tradisional dan swalayan.

Kamu hanya perlu memilih fitur Mart dan memasukkan barang atau kebutuhan yang sedang dicari. Klik, bayar, dan tunggu pesananmu sampai dengan kilat alias 30 menit sampai!