6 Makanan Sumber Lemak yang Baik Dikonsumsi

Inionline.id – Saat membicarakan kesehatan, selama ini lemak hampir selalu dikaitkan dengan hal negatif. Padahal nyatanya, ada beberapa makanan sumber lemak, tapi tetap sehat dan aman untuk dimakan.

Makanan Sumber Lemak Sehat

Dilansir dari laman Healthline, berikut sembilan jenis makanan sumber lemak yang akan membuat tubuh Anda tetap sehat.

Alpukat (pexels/Foodie Factor)
Alpukat

Alpukat

Dalam satu buah alpukat setidaknya terdiri dari 80% lemak. Fakta ini membuat alpukat menjadi salah satu buah dengan kandungan lemak tertinggi.

Meski begitu, alpukat merupakan sumber potasium yang baik untuk tubuh. Mereka mampu memenuhi 15% dari kebutuhan potasium harian. Alpukat juga tinggi akan serat yang dapat memelihara kesehatan sistem pencernaan.

Kacang
Sudah menjadi rahasia umum jika kacang memiliki bermacam manfaat untuk kesehatan. Sebab selain tinggi lemak, kacang-kacangan kaya akan serat, vitamin E, magnesium, dan mineral.

Makan kacang juga bisa menurunkan risiko obesitas, penyakit jantung, hingga diabetes tipe 2.

Keju

Olahan susu satu ini juga memiliki kandungan lemak yang tinggi. Namun, keju sekaligus merupakan sumber kalsium, vitamin B12, fosfor, dan selenium yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain itu, dalam 28 gram keju, setidaknya terkandung 6 gram protein. Nilai ini hampir setara dengan satu gelas susu.

Meski begitu, makan keju berlebihan juga tidak baik. Sebab, ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung jika dibandingkan olahan susu rendah lemak.

Cokelat hitam

Siapa di sini yang suka cokelat? Tidak hanya nikmat, camilan satu ini rupanya juga cukup sehat. Meski begitu, Anda sebaiknya tetap memilih coklat hitam yang 65% kalorinya merupakan lemak.

Cokelat hitam mengandung bermacam antioksidan seperti resveratrol yang mampu memberi sifat anti penuaan. Jenis cokelat ini juga tinggi akan serat yang baik untuk tubuh.

Ilustrasi cokelat hitam.(Pixabay/AlexanderStein)
Ilustrasi cokelat hitam.

Telur utuh

Selama ini telur utuh dianggap tidak baik karena kuning telurnya yang tinggi kolesterol dan lemak. Namun, nyatanya kolesterol dalam telur tidak berdampak banyak pada kolesterol dalam darah.

Selain itu, telur mengandung kolin, yakni suatu nutrisi yang dibutuhkan otak. Sudah pasti kebutuhan protein Anda juga lebih mudah terpenuhi dengan makan telur. Ini juga makanan yang baik untuk menurunkan berat badan.

Ikan berlemak

Makanan sumber lemak yang sehat selanjutnya adalah ikan, terutama ikan salmon, makarel, sarden, dan herring. Ikan juga kaya akan asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung.

Beragam penelitian menunjukkan bahwa makan ikan berlemak secara teratur dapat membantu mengatur gula darah dan menurunkan risiko penyakit jantung.