5 Makanan yang Dihindari saat Batuk

Kesehatan1457 views

Inionline.id – Menjaga kesehatan di cuaca yang sangat tidak nyaman seperti sekarang ini akan jadi tantangan besar. Gangguan kesehatan seperti batuk bisa dengan mudah menyerang jika Anda kurang waspada. Saat hal ini terjadi, Anda wajib mencermati sederet makanan yang dihindari saat batuk agar kondisinya tidak semakin parah.

Tentu saja, ada begitu banyak makanan yang sangat menggoda untuk tetap dikonsumsi karena rasanya yang nikmat. Namun, agar batuk yang Anda alami lekas reda, pertimbangkan untuk menghindarinya dulu.

Berbagai Jenis Keripik

Ilustrasi camilan keripik (Pixabay/FotoshopTofs)

Lezat, renyah, dan cocok untuk camilan, nyatanya keripik adalah salah satu makanan yang wajib dihindari saat Anda sedang batuk. Proses penggorengan pada keripik membuatnya jadi salah satu makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi selama batuk dan proses penyembuhannya.

Ini karena jenis makanan tersebut mengandung banyak minyak dan dapat meningkatkan risiko iritasi tenggorokan.

Makanan Cepat Saji

Makanan yang harus dihindari saat batuk berikutnya dalah berbagai jenis makanan cepat saji. Mengapa demikian? Sebab, tidak sedikit kandungan minyak yang ada di dalam makanan cepat saji dan itu dapat berefek serupa dengan keripik, yakni mengiritasi tenggorokan.

Di sisi lain, nutrisi yang ada di makanan cepat saji juga tidak terlalu banyak sehingga tidak bisa berpartisipasi dalam proses penyembuhan kondisi batuk yang dialami. Maka dari itu, meski lezat, hindari selama beberapa waktu dulu, ya!

Beberapa Jenis Buah

Dilansir klikdokter.com, ternyata ada beberapa buah yang tidak baik dikonsumsi saat Anda tengah dalam kondisi batuk. Buah yang dimaksud adalah buah dengan kandungan tinggi karbohidrat, seperti mangga mentah, pepaya, hingga pisang.

Memang, buah dapat membantu memberikan asupan nutrisi. Namun selama batuk, coba konsumsi buah lain yang bisa memberikan nutrisi sekaligus mendukung proses penyembuhannya.

Ilustrasi makanan pedas (Pixabay/RitaE)

Makanan Manis

Selanjutnya dalam daftar ini adalah makanan manis, makanan penutup, minuman dingin, dan segala macam nektar. Gula dalam makanan tersebut dapat meningkatkan risiko peradangan dan infeksi di dalam tubuh sehingga membuat gejala batuk justru semakin parah.

Hindari makanan dengan rasa terlalu manis dalam beberapa waktu ke depan hingga batuk Anda benar-benar reda.

Makanan Pedas

Selanjutnya, makanan pedas. Meski makanan pedas dipercaya dapat mengencerkan lendir sehingga mudah dikeluarkan, ternyata faktanya tidak demikian.

Dilansir dari firstpost.com, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Critical Review in Food Science and Nutrition pada 2016 lalu, menyebutkan bahwa capsaicin, kandungan dalam makanan pedas yang dipercaya memiliki khasiat mengencerkan dahak, ternyata dapat juga merangsang produksi dahak.

Itulah beberapa makanan yang dihindari saat batuk melanda. Semoga bisa menjadi pertimbangan berguna!