Soal Polemik SDN Pocin 1 Depok, Muhadjir: Tak Harus Dipersoalkan

Berita357 views

Inionline.id – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan pemerintah daerah harus memastikan fasilitas pendidikan tetap tersedia bagi siswa SDN Pondok Cina 1, Depok, Jawa Barat.

Hal itu disampaikan Muhadjir merespons polemik relokasi SDN Pocin 1 untuk pembangunan masjid. Menurutnya, rencana pengalihan fungsi lahan sekolah untuk masjid tersebut tak perlu dipersoalkan.

“Asal sekolahnya diberi ganti yang lebih bagus kan, bagus juga. Tidak harus dipersoalkan apakah itu diganti masjid atau bukan masjid,” kata Muhadjir usai acara Germas Award di Gedung Kemenko PMK, Jakarta, Selasa (6/12).

“Yang penting fasilitas pendidikan untuk anak-anak tetap tersedia, syukur-syukur dengan diubahnya fungsi tempat itu untuk masjid, itu pelayanan pendidikannya semakin lebih bagus,” imbuhnya.

Muhadjir menyerahkan polemik yang terjadi di SDN Pocin 1 kepada Pemkot Depok.

“Enggak harus sampai ke Kemenko PMK, itu tingkat daerah selesaikan tingkat daerah,” katanya.

Sebagai informasi lahan SDN Pocin 01 bakal dialihfungsikan untuk pembangunan masjid oleh Pemkot Depok.

Para siswa SDN Pocin 01 yang bertahan terpaksa belajar di kelas tanpa didampingi guru. Pemkot Depok meminta para siswa di SDN Pocin itu untuk direlokasi ke sekolah lain yakni SDN Pocin 3 dan SDN Pocin 5.

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengklaim pihaknya menerima aspirasi dari masyarakat yang kesulitan mencari masjid di sekitar Jalan Margonda Raya sehingga merencanakan pembangunan masjid di lahan SDN Pocin 1.

Berdasarkan data yang dihimpun pada Selasa (29/11), sebanyak 200 orang tua dan siswa menolak dan memilih bertahan belajar di SDN Pocin 01.