Soal Pangkat Tituler Deddy Corbuzier Berikut ini Pernyataan Lengkap Mahfud MD

Inionline.id – Menko Polhukam Mahfud MD buka suara mengenai pemberian pangkat Letnan Kolonel (Letkol) Tituler kepada selebritas Deddy Corbuzier. Menurutnya, pemberian pangkat itu secara aturan memungkinkan.

Mahfud meyakini Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pasti sudah mengikuti aturan saat memberikan pangkat letnan kolonel tituler Angkatan Darat itu. Prabowo juga dinilai lebih memahami urgensi pemberian pangkat tersebut.

Kendati demikian, Mahfud berpendapat bahwa pangkat tersebut bisa saja diberikan kepada Deddy untuk keperluan program komponen cadangan (Komcad) Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

Berikut pernyataan lengkap Mahfud MD terkait pangkat Tituler Deddy Corbuzier:

Letkol tituler kepada Saudara Deddy Corbuzier, itu aturannya memang memungkinkan, itu saja. Urgensinya apa? Tentu Pak Prabowo lebih tahu.

Kalau Letkol ke bawah itu memang dikeluarkan dengan keputusan Panglima TNI. Pasti itu sudah diperoleh karena Pak Prabowo ya membuat ini pasti sudah ikut aturan-aturannya, itu memang dibolehkan.

Mengenai urgensinya apa, pasti ada alasannya karena itu dalam rangka bela negara ya, Komcad. Mungkin dia bisa dianggap sebagai orang yang bisa mendorong komponen cadangan menjadi lebih bagus, lebih maju, punya wawasan yang luas, memanggil orang untuk ikut aktif, mendorong semangat para Komcad itu di dalam tugas-tugas membela negara.

Pemberian pangkat Letkol Tituler kepada Deddy Corbuzier mendapat kritik dari sejumlah pengamat militer. Mereka menilai tak ada urgensi pengangkatan pria yang mengawali karier sebagai pesulap itu sebagai bagian dari TNI.

Peneliti senior Marapi Consulting and Advisory Beni Sukadismengingatkan penyematan pangkat tituler hanya dilakukan jika negara dalam keadaan darurat.

“Menurut saya, pemberian ini harus dikaji ulang oleh pemerintah, khususnya Kemhan. Tidak ada urgensinya bagi pemerintah untuk memberikan status pangkat tituler kepada DC,” kata Beni, Selasa (13/12).

Pengamat militer Connie Rahakundini juga mendesak hal yang sama. Ia mempertanyakan urgensi pemberian pangkat Kolonel Tituler bagi Deddy Corbuzier.

“Saran saya Panglima TNI segera mencabut pangkat tituler tersebut karena tidak ada urgensi mendesak pemberikan tituler pada seorang artis,” ujar Connie.