Besok Kuota Sekolah SNBP 2023 akan Diumumkan

Pendidikan157 views

Inionline.id – Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 bakal dibuka dengan jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP) bakal mengumumkan kuota sekolah.

“SNPMB BPPP akan segera mengumumkan kuota sekolah. Pengumuman kuota sekolah dapat diakses mulai 28 Desember 2022,” tulis pengumuman di Instagram @_snpmbbppp dikutip Selasa, 27 Desember 2022.

Kuota sekolah merupakan angka hasil perhitungan akreditasi sekolah dengan jumlah siswa. Pada 28 Desember 2022 bakal muncul jumlah siswa eligible yang dapat mendaftar pada Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) Tahun 2023.

Adapun pengumuman kuota dapat diakses melalui laman snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. Layanan masa sanggah tentang kuota paling lambat 17 Januari 2023.

“Segera cek kuota sekolah kamu dan tetap semangat calon mahasiswa Indonesia!” tulis pengumuman itu.

Tahun depan, pemerintah memberlakukan sistem baru dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru di PTN. Salah satunya dengan SNBP yang dulu dikenal dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Syarat bagi sekolah yang mengikuti SNBP yaitu merupakan SMA/MA/SMK yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). Adapun, ketentuan akreditasi untuk menentukan siswa eligible, yakni: Sekolah Akreditas A sebesar 40 persen siswa terbaik, Akreditasi B 25 persen siswa terbaik, dan akreditasi C 5 persen siswa terbaik.

Selanjutnya, sekolah mengisi pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Data siswa yang diisi hanya yang eligible sesuai dengan ketentuan akreditas.

Selanjutnya, persyaratan peserta. SNBP bisa diikuti siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada Tahun 2023 yang memiliki prestasi unggul. Prestasi unggul merupakan prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Kemudian, siswa harus memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar di PDSS, memiliki nilai rapor semester I-V yang telah diisikan di PDSS, dan peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio.