Untuk Negosiasi Dengan Rusia, Ukraina Bantah Adanya Tekanan Barat

Internasional257 views

Inionline.id – Ukraina membantah bahwa pihaknya berada di bawah tekanan Barat untuk bernegosiasi dengan Rusia. Ukraina menyebut bahwa pembicaraan hanya dapat diadakan jika Rusia melepaskan semua wilayah yang diduduki.

Rabu (9/11/2022) pernyataan itu muncul beberapa hari setelah laporan profil tinggi Washington Post bahwa Amerika Serikat telah mendorong Kyiv untuk memberi sinyal kesediaan untuk melakukan pembicaraan. Hal ini juga bertepatan dengan pemilihan sela AS yang hasilnya dapat menguji dukungan Barat untuk Ukraina.

Dalam pidato sebelum berbicara dengan para pemimpin dunia pada pertemuan puncak iklim, Presiden Volodymyr Zelenskiy membacakan apa yang dia sebut “kondisi yang sepenuhnya dapat dimengerti” untuk pembicaraan damai Ukraina.

“Sekali lagi – pemulihan integritas teritorial, penghormatan terhadap Piagam PBB, kompensasi untuk semua kerusakan yang disebabkan oleh perang, hukuman bagi setiap penjahat perang dan jaminan bahwa ini tidak akan terjadi lagi,”

Ukraina disebut telah berulang kali mengusulkan pembicaraan seperti itu, tetapi “Kami selalu menerima tanggapan gila Rusia dengan serangan teroris baru, penembakan atau pemerasan,” kata Zelenskiy.

Sebelumnya, pada hari Senin, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengulangi posisi Moskow bahwa pihaknya terbuka untuk pembicaraan, tetapi Kyiv menolaknya. Moskow telah berulang kali mengatakan tidak akan bernegosiasi atas wilayah yang diklaim telah dicaplok dari Ukraina.

Penasihat senior Zelenskiy, Mykhailo Podolyak, mengatakan tidak masuk akal untuk menyarankan bahwa negara-negara Barat akan mendorong Kyiv untuk bernegosiasi tentang persyaratan Moskow. Menurutnya hal ini karena merekalah yang memasok Ukraina dengan senjata untuk mengusir pasukan Rusia dari tanahnya.

“Kami mendorong tentara Rusia keluar dari wilayah, dan dengan latar belakang ini, memaksa kita untuk proses negosiasi, dan pada kenyataannya untuk mengakui ultimatum Federasi Rusia, adalah omong kosong! Dan tidak ada yang akan melakukan itu,” katanya dalam sebuah wawancara dengan Radio Liberty.

Dia mengatakan “tidak ada paksaan” dalam hubungan Kyiv dengan Washington, dan saran bahwa Barat mendorong Ukraina untuk bernegosiasi adalah bagian dari “program informasi” Rusia, meskipun dia tidak secara langsung membantah laporan Washington Post.