Untuk Pembebasan Lahan Normalisasi Ciliwung DKI Anggarkan Rp700 M

Antar Daerah257 views

Inionline.id – Untuk pembebasan lahan normalisasi Sungai Ciliwung Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan pihaknya mengalokasikan sekitar Rp700 miliar.

Anggaran tersebut masuk dalam Rancangan APBD DKI Tahun Anggaran 2023.

“Normalisasi Kali Ciliwung kurang lebih sekitar Rp700 miliar,” kata Heru di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (8/11).

Heru menjelaskan anggaran tersebut untuk pembebasan lahan di empat kelurahan. Namun, ia tak merinci lokasi-lokasi yang terdampak pembebasan lahan untuk normalisasi Ciliwung tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Yusmada Faizal dalam rapat pembahasan rancangan KUA-PPAS APBD 2023 di Bogor, Jawa Barat, pekan lalu menyebutkan empat kelurahan yang lahannya akan dibebaskan.

Menurut Yusmada total pembebasan lhan yang ditargetkan tahun depan sebesar 6,45 hektare yang terletak di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

Yusmada merinci lokasi prioritas penanganan pertama terdapat di Kelurahan Cawang, Kramat Jati dengan kebutuhan pembebasan lahan seluas 2,25 hektare.

Kemudian, di kelurahan Rawajati, Pancoran dengan kebutuhan pembebasan lahan seluas 1,5 hektare. Selanjutnya, Kelurahan Cililitan, Kramat Jati seluas 0,8 hektare dan di Kelurahan Kampung Melayu, Jatinegara seluas 1,95 hektare.

“Itu sasaran kita untuk 2023. Pembebasan semua dari Pemda, pusat fisiknya,” kata Yusmada, sebagaimana dikutip dari Detik.com.

Sebagai informasi, Heru sejak awal ditunjuk jadi Pj Gubernur DKI menegaskan akan melanjutkan normalisasi Sungai Ciliwung yang sempat mandek di era Gubernur Anies Baswedan. Kepala Staf Kepresidenan yang pernah jadi Wali Kota Jakarta Utara itu juga berjanji akan membayar ganti lahan milik warga yang terdampak program normalisasi.