Resep Es Cokelat Panjang Umur yang Cocok Dijadikan Usaha

Inionline.id – Pernahkah Anda mendengar tentang Es Cokelat Panjang Umur? Eits, jangan salah sangka dulu. meskipun dinamakan panjang umur, bukan berarti dengan minum ini Anda bisa lebih panjang umur.

Walau begitu, ternyata Pak Ngadimin yang merupakan penemu minuman manis nan dingin satu ini mengambil nama ini karena merasa bahwa minum minuman coklat bisa memperpanjang usia. Pasalnya, coklat memang dikenal dapat menambah kebahagiaan.

Es Coklat Panjang Umur sendiri merupakan minuman legendaris di Surabaya. Minuman ini telah dijual sejak tahun 1950 dan sudah dipegang oleh generasi ketiga.

Awalnya, Es Coklat Panjang Umur ini dijual dengan cara keliling. Namun kini, Anda bisa menemukannya di Surabaya tepatnya di Jalan Simokerto 49.

Meski sudah ada selama lebih dari 50 abad, es coklat dengan tekstur yang kental ini masih banyak diburu sampai saat ini. Maka tidak heran jika Es Coklat Panjang Umur menjadi salah satu minuman yang patut Anda coba jika pergi ke Surabaya.

Tertarik untuk mencicipinya namun Anda tidak sempat datang ke Surabaya? Tenang saja, ini dia resep Es Coklat Panjang Umur yang telah dilansir dari kanal YouTube Dapur Ireng Manis.

Resep Es Cokelat Panjang Umur

Bahan:

  • 2 liter air
  • 100 gr coklat bubuk
  • 1 kaleng kental manis
  • 1 kotak susu cair

Cara Membuat Es Coklat Panjang Umur:

  1. Pertama, rebus air dengan baskom sampai mendidih. Setelah mendidih, matikan kompor.
  2. Selanjutnya, masukkan coklat bubuk ke air rebusan yang masih panas. Aduk dengan bantuan pengaduk sampai coklat tercampur dan tidak ada bagian yang menggumpal.
  3. Berikutnya, tambahkan kental manis sambil diaduk.
  4. Setelah itu, masukkan ke dalam gelas yang cukup besar. Satu gelas sajian berisi kurang lebih 320 ml coklat.
  5. Selanjutnya, tambahkan es batu sampai gelas terisi penuh.
  6. Lakukan sampai coklat yang sudah dibuat habis. Porsi tersebut akan menghasilkan kurang lebih delapan gelas berukuran sama.
  7. Es Coklat Panjang Umur siap disajikan.

Selain disajikan sebagai menu tunggal, Es Coklat Panjang Umur sebenarnya akan terasa lebih nikmat jika dipadukan dengan sepotong roti. Anda bisa mencelupkan roti tersebut ke dalam es coklat yang sudah dibuat.

Demikian informasi mengenai resep Es Cokelat Panjang Umur. Jika tidak terlalu suka minuman dingin, Anda juga bisa menyajikannya dalam keadaan panas.