Puluhan Orang Lemas hingga Pingsan Karena Berdesakan di Job Fair Batam

Berita357 views

Inionline.id – Puluhan pencari kerja pingsan dan lemas akibat berdesakan di job fair yang dibuka Dinas Ketenagakerjaan Kota Batam di SP Plaza, Batu Aji, Batam. Puluhan orang itu pingsan akibat berdesakan dan saling dorong untuk mendapatkan nomor antrean.

Ribuan para pencari kerja mulai memadati lokasi job fair pada pukul 07.30 WIB, Senin (7/11). Padahal job fair dari dibuka pada pukul 09.00 WIB.

Saat setelah dibuka Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, ribuan pencari kerja mulai berdesakan untuk mendapatkan nomor registrasi. Terlihat tidak adanya pengaturan antrean oleh panitia, sehingga ribuan pencari kerja berdesakan untuk saling mendahului.

Pada sekitar pukul 10.00 WIB akibat desakan dan saling dorong ribuan pencari kerja, satu persatu para pencari kerja mulai pingsan. Terlihat lebih dari 10 orang pingsan, itu terdiri dari laki-laki maupun perempuan.

Di lokasi juga tidak tampak petugas kesehatan yang bersiaga sehingga penanganan pencari kerja yang pingsan dilakukan oleh pencari kerja yang lainnya dan petugas Satpol PP.

Karena melihat banyak korban yang pingsan dalam antrian pengambilan nomor registrasi. Panitia akhirnya menghentikan pembukaan bursa kerja pada hari ini.

“Untuk bursa kerja hari ini kita hentikan sementara. Karena melihat suasana tidak kondusif,” ujar salah satu panitia melalui pengeras suara.

Siti Hamidah (23), salah satu pencari kerja yang ikut mengantre sejak pagi mengatakan bahwa dirinya dan rekan-rekannya sempat kebingungan. Hal itu karena tidak ada sistem antrean yang diatur oleh panitia.

“Kami berdesakan, saya sampai terhimpit. Padahal dari pagi sudah antri di meja registrasi. Tapi tiba-tiba yang disuruh masuk yang tidak antrian,” ujar Hamidah, mengutip detikcom.

Ia mengatakan dirinya sempat lemas karena terhimpit. Beruntung cepat dievakuasi salah satu rekannya.

“Hampir pingsan tadi karena mau napas saja susah. Kirain antrean rapi makannya kita coba datang pagi. Tadi kata panitia mau di buka besok, mudah-mudahan besok sudah rapi antreannya,” ujarnya.

Diketahui, Dinas Ketenagakerjaan Kota Batam menggandeng 32 perusahaan pada job fair digelar mulai hari ini hingga 9 November mendatang. Ada sekitar 1.797 lowongan kerja tersedia bagi para pencari kerja dalam job fair itu.