Presiden Jokowi: Butuh Waktu Distribusi Bantuan, Karena Banyaknya Titik Terdampak Gempa

Berita657 views

Inionline.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan butuh waktu untuk mendistribusikan bantuan kepada para korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Ia mengaku mendapat keluhan bantuan belum merata.

“Tadi ada juga keluhan belum dapat bantuan, karena titiknya banyak. sehingga butuh waktu untuk mendistribusikannya,” kata Jokowi di RSUD Sayang, Kamis (24/11).

Selain distribusi bantuan, Jokowi menyebut tim SAR gabungan juga kesulitan melakukan evakuasi korban lantaran lokasi yang terdampak gempa magnitudo 5,6 itu terlampau banyak.

Jokowi mengatakan jalan yang ditempuh untuk menuju lokasi terdampak cukup berliku.

“Kenapa hari Selasa pagi saya sampaikan gunakan heli kalau diperlukan karena titiknya terlalu banyak medianya juga naik turun gunung yang tidak mudah dan evakuasi tadi yang ada 39 yang belum ditemukan,” katanya.

“Tadi juga kenapa enggak mulai-mulai karena berhitung tanahnya gampang longsor kalau darurat hujan juga berbahaya tapi tetap saya sampaikan dimulai,” ujarnya menambahkan.

Ia juga menginstruksikan agar proses evakuasi terus dijalankan agar nantinya, pemerintah bisa berkonsentrasi ke tahap rehabilitasi.

“Tadi juga saya sudah perintahkan untuk segera dimulai sebelum datangnya hujan moga-moga nanti semuanya bisa segera tertangani kemudian kita bisa konsentrasi ke rehabilitasi kembali karena ini kelihatannya gempanya sudah agak mereda,” ujar Jokowi.

Jokowi untuk kedua kalinya menyambangi RSUD Sayang Cianjur usai gempa mengguncang pada Senin 21 November lalu. Kedatangannya itu untuk meninjau kembali proses perawatan korban gempa Cianjur apakah perawatan di sini tertangani dengan baik

Pada kedatangan keduanya, ia didampingi oleh Menteri Pertahanan Prabowo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Mensos Tri Rismaharini, hingga Wagub Jabar UU Ruzhanul Umum.