Ini 6 Jenis Protein yang Harus Dikonsumsi pada saat Melakukan Diet

Kesehatan057 views

Inionline.id – Pada saat ini, tren mengenai diet datang dan pergi silih berganti. Banyak orang yang juga berganti-ganti jenis diet ini dengan harapan turunnya berat badan serta kebugaran yang lebih baik.

Pada saat melakukan diet, dibanding makanan yang harus dihindari dikonsumsi, penting untuk memperhatikan makanan apa saja yang kamu konsumsi. Hal ini bisa sangat membantu dalam membuat tubuh tetap langsing.

Pada saat melakukan diet, upayakan untuk mengonsumsi berbagai makanan sehat dengan kandungan karbohidrat, lemak, dan protein. Ketiga nutrisi tersebut dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat dan berfungsi dengan tepat terutama untuk menurunkan berat badan.

Salah satu jenis makanan yang paling penting untuk dikonsumsi pada saat diet adalah protein. Hal ini terjadi karena protein bisa lebih mengenyangkan, mampu menjaga massa otot, serta mampu membakar lebih banyak energi.

Menurunkan berat badan dengan berhenti mengonsumsi kalori justru bisa membuat massa otot menghilang dari tubuh. Selain itu, protein juga bisa membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh dengan cara membakar lebih banyak energi dalam tubuh.

Jumlah protein yang disarankan untuk dikonsumsi setiap hari adalah 0,8 per 1 kilogram. Namun pada orang yang aktif berolahraga, jumlah protein yang kamu butuhkan jauh lebih besar.

Sejumlah jenis protein bisa berdampak lebih baik bagi tubuh dalam menurunkan berat badan. Dilansir dari Live Strong, berikut sejumlah jenis protein yang perlu dikonsumsi untuk menurunkan berat badan.

Kacang-Kacangan dan Ragi

Ragi Bernutrisi

Ragi bernutrisi merupakan makanan yang lezat dan memiliki kandungan protein tinggi. Selain memiliki kandungan yang baik bagi diet, rasa dari makanan ini juga sangat lezat.

Jenis makanan ini sangat tepat untuk kamu konsumsi ketika sedang menurunkan berat badan. Jadikan makanan ini sebagai makanan dietmu agar bisa membantu dalam menurunkan berat badan.

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan baik dalam bentuk lentil atau polong, merupakan jenis protein yang sangat baik karena kandungannya yang tinggi. Selain itu, makanan ini juga memiliki kandungan serat di dalamnya.

Jenis kacang ini baik dalam bentuk kacang hitam atau kacang hijau sangat baik dikonsumsi setiap hari. Selain berguna untuk menurunkan berat badan, jenis makanan ini juga bisa berdampak positif pada kesehatan secara keseluruhan.

Biji Chia dan Kerang

Biji Chia

Biji-bijian kerap dianggap hanya sebagai sumber dari lemak sehat semata. Padahal, makanan ini sebenarnya juga merupakan sumber protein dan lemak yang sangat baik.

Biji chia bisa sangat baik ketika disatukan dengan minuman dan membantu merasa kenyang. Selain itu, biji ini juga memiliki rasa yang lezat pada saat dikonsumsi.

Kerang

Sebagian besar makanan laut baik salmon maupun udang merupakan sumber protein yang luar biasa. Walau begitu, kerang juga merupakan salah satu sumber protein yang tidak bisa dilupakan begitu saja.

Makan ini juga sangat lezat dan mudah ditemukan di Indonesia. Oleh karena itu, makanan ini bisa sangat cocok untuk kamu konsumsi sehari-hari terutama ketika tengah diet.

Yogurt dan Tempe

Yogurt

Yogurt barangkali merupakan salah satu sumber protein paling populer terutama bagi mereka yang melakukan diet. Terdapat berbagai jenis yogurt yang bisa dikonsumsi baik yang bebas lemak maupun full-fat.

Beragam jenis yogurt ini bisa memiliki dampak kesehatan dan rasa yang berbeda satu sama lain. Yogurt juga memiliki kandungan probiotik yang bisa berdampak pada kesehatan usus dan melancarkan pencernaan.

Tempe

Tempe merupakan salah satu jenis protein yang cukup populer di Indonesia. Makanan ini sangat menyehatkan dan memiliki kandungan tinggi protein.

Selain tinggi protein, tempe juga bisa berdampak sangat baik untuk pencernaan karena proses fermentasi yang terjadi. Rasa lezat dan harga yang murah juga menjadikannya cocok untuk dikonsumsi. Jika ingin memperoleh manfaat secara lebih optimal, tempe bisa dikonsumsi dengan cara direbus atau dikukus.

Deretan makanan tersebut merupakan sumber protein yang sangat tepat dikonsumsi terutama ketika sedang diet. Baik dalam menjaga berat badan maupun kesehatan, sejumlah makanan tersebut bisa berdampak positif bagi tubuh.