Perumda Tirta Pakuan Ganti Pipa Berusia Puluhan Tahun di IPA Cipaku Hari ini

Antar Daerah157 views

Inionline.id – Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor melakukan penggantian valve drain pipa di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Cipaku, pada Senin (7/11/2022).

Penggantian dua valve drain 12 sesuai jadwal dimulai sejak pukul 09.00 hingga 13.00 WIB. Proses penggantian perangkat tersebut tak memakan waktu lama, sehingga aliran air yang tidak mengalir ke rumah pelanggan itu terjadi sejak pukul 09:00 hingga 10:30 WIB.

“Gangguan air terjadi karena adanya pekerjaan penggantian valve drain 12 di IPA Cipaku,” kata Direktur Teknik (Direktur) Tirta Pakuan Kota Bogor, Ardani Yusuf kepada wartawan.

Dijelaskan, penggantian dilakukan agar memperlancar distribusi air, mengingat alat yang sudah rusak dan umur valve drain IPA Cipaku sudah berusia 38 tahun.

“Jadi karena memang umur teknis saluran yang sudah lama, itu kan dibangun pada tahun 1984 valve drain itu kan sudah sedikit agak sulit untuk pembuangan dan untuk pengurasan, jadi kita ganti,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, penggantian valve drain 12 dilakukan sebagai optimalisasi, agar kualitas air yang dihasilkan memenuhi standar Kementerian Kesehatan (Kemekes).

“Jadi pada dasaranya ini tuh untuk optimalisasi. Dari jam 9 (pengerjaan), barusan informasi dari Asmen Pemeliharaan sudah selesai pelaksanaan, karena cuma 2 valve drain yang diganti, satu jam setengah kurang lebih,” ungkapnya.

Dalam proses penggantian valve drain 12, beberapa wilayah terdampak mengalami gangguan air. Diantaranya, di wilayah Lawanggintung, Skip, Batutulis, Jalan Pahlawan, Sukasari Bondongan, Layungsari, BNR, Jalan Suryakencana, Jalan Empang, Lolongok dan Kampung Gudang. (Hrs)