Ini 5 Cara Menangani Tenggorokan Tidak Nyaman yang Kamu Alami

Kesehatan157 views

Inionline.id – Kondisi musim hujan yang terjadi pada saat ini bisa menyebabkan terjadinya sejumlah masalah kesehatan. Salah satu hal yang rentan terjadi adalah masalah tenggorokan yang sakit dan tak nyaman.

Kondisi ini biasanya bisa terjadi karena berbagai macam hal dan bukan berarti bahwa kamu sedang flu. Sejumlah masalah kesehatan lain bisa menyebabkan terjadinya kondisi ini.

Kondisi tak nyaman ini juga rentan dialami di pagi hari saat bangun tidur. Hal ini bisa terjadi jika sebelumnhya kamu baru kehujanan atau karena terjadinya masalah kesehatan yang kamu alami.

Sejumlah cara sederhana bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tenggorokan tak nyaman ini. Dilansir dari Livestrong, berikut sejumlah cara untuk mengatasi masalah tenggorokan tak nyaman yang kamu alami.

Konsumsi Minuman Hangat dan Dingin

1. Konsumsi Minuman Hangat

Konsumsi minuman hangat bisa membantu melegakan tenggorokan dan menenangkan perasaanmu. Kamu bisa mengonsumsi teh hangat dengan madu atau sekadar air putih hangat untuk membuat tenggorokan tidak kering dan meredakan iritasi.

2. Konsumsi Es Krim

Es krim atau es jenis lain bisa memberi efek yang membuat mati rasa pada tenggorokan serta meredakan peradangan. Walau minum es ketika tenggorokan tak nyaman mungkin terdengar konyol, namun cara ini bisa dicoba.

Kumur Air Garam, Isap Permen Pereda Tengorokan, dan Hirup Uap

3. Kumur Air Garam

Mencampur garam dengan air bisa menjadi cara untuk meredakan masalah tenggorokan ini. Kumur air garam hingga bagian dalam tenggorokan selama beberapa detik kemudian ludahkan kembali.

4. Isap Permen Pereda Tenggorokan

Permen pereda tonggorokan bisa melegakan serta memberi lapisan pada tenggorokan. Minuman ini juga bisa sangat membantu menenangkan perasaanmu.

5. Menghirup Uap Panas

Menyalakan humidifier bisa menjadi cara untuk melembapkan tenggorokan dan meredakan rasa tak nyaman di bagian ini. Mandi air panas dan menghirup uapnya juga bisa sangat membantu dalam mengatasi masalah ini.

Sejumlah cara tersebut bisa membantu dalam mengatasi tenggorokan tak nyaman yang kamu alami. Walau begitu, ketika masalah ini tak kunjung reda, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.