Ini 3 Cara Amankan Data Sebelum Menyervis Ponsel

Iptek157 views

Inionline.id – Saat ponsel mengalami kecelakaan seperti layar retak atau terendam air, kita sebagai pengguna umumnya ingin langsung menyelamatkan perangkat dengan mengirimnya ke service center. Namun, mulai sekarang, jangan lupa untuk mengamankan data pribadi kamu terlebih dahulu, apalagi jika servis itu memakan waktu yang tidak sebentar.

Karenanya, kami akan memaparkan beberapa langkah yang bisa ditempuh sebelum menyerahkan ponsel ke service center, yang dirangkum dari Exputer.com pada Rabu (2/11), berikut ini:

Amankan Nomor Telepon
Jika ponsel kamu masih memiliki kartu SIM fisik, kamu dapat melepasnya dan memasukkannya ke ponsel lain untuk digunakan sesuai kebutuhan. Namun, beberapa ponsel keluaran baru, seperti semua model iPhone 14 yang dijual di Amerika Serikat, telah menggunakan SIM “tertanam” alih-alih SIM berbentuk kartu mini.

Apabila demikian, hubungi operator seluler untuk mengetahui opsi apa saja yang bisa kamu lakukan. Jika beruntung, kamu dapat mentransfer sementara layanan kamu ke ponsel lain menggunakan SIM elektronik (e-SIM).

Opsi Paling Aman: Hapus Data di Ponsel
Kamu bisa mencadangkan ponsel. Untuk iPhone, pengguna dapat memilih untuk mencadangkan semuanya ke iCloud atau langsung ke komputer dengan kabel USB sebagai opsi yang lebih cepat.

Sedangkan di Android, kamu dapat mencadangkan aplikasi, pesan, preferensi, dan lainnya ke akun Google dan menyimpan foto serta file penting di Google Foto atau Google Drive, bisa pula di komputer.

Setelah yakin file penting sudah disimpan di tempat yang aman, bersihkan ponsel kamu sepenuhnya dengan Factory Reset Datadi Android atau Hapus Semua Konten dan Pengaturan di iPhone.

Keluar dari Akun Google Menggunakan Perangkat Lain
Jika kasusnya adalah ponsel masih menyala tetapi tidak bisa digunakan atau error dan sebelumnya kebetulan sudah mencadangkan data, kamu bisa memilih opsi keluarkan akun Google dari ponsel yang rusak menggunakan komputer dengan cara berikut:

1. Lihat pengaturan akun di myaccount.google.com
2. Klik opsi “Keamanan” di sisi kiri layar
3. Gulir ke bawah ke kotak berlabel “Perangkat Anda”, lalu klik “Kelola semua perangkat”
4. Pilih nama perangkat yang ingin dikeluarkan dan klik “Keluar”.