Imbas Rapat Darurat Biden dkk di Bali Agenda Delegasi G20 Mundur

Internasional257 views

Inionline.id – Agenda delegasi Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 ke Taman Hutan Raya Bali (Tahura) mundur. Agenda itu disesuaikan mengingat adanya rapat darurat para pemimpin G7 plus.

“Sejauh pengaturan program ada beberapa penyesuaian waktu saja, kita mengikuti memang ada emergency meeting yang dilakukan oleh pihak G7 plus karena itu bagian dinamika yang terjadi pada saat satu konferensi internasional,” kata Jubir Kementerian Luar Negeri (Kemlu) , Teuku Faizasyah, kepada wartawan di Media Center KTT G20, Bali, Rabu (16/11/2022).

Faizasyah mengatakan Indonesia tetap menjalankan ketentuan sebagai presidensi G20 Bali. Dia mengatakan rapat darurat para pemimpin G7 plus itu bagian dari dinamika internasional.

“Kita tetap menjalankan ketentuan kita untuk kurun waktu hari ini ya,” ujarnya.

Informasi mengenai mundurnya agenda delegasi G20 ke Bali sebelumnya disampaikan Deputi Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin. Sambil menunggu kedatangan para delegasi, Jokowi mengajak para official media untuk berkeliling meninjau Tahura.

“Ini menunggu delegasi negara, waktunya mundur 1 sampai 1,5 jam. Jadi media official setiap negara ini diajak menunggu di ruang holding,” Bey kepada wartawan.

“Jadi sebetulnya bukan mengundang media asing, tapi mereka media official yang mengambil foto delegasi setiap negara,” sambung Bey.

Bey mengatakan official media diajak untuk berkeliling sebab agenda kunjungan para delegasi G20 mundur sekitar 1 jam. Hal itu, kata Bey, merupakan permintaan langsung Jokowi.

“Karena masih ada waktu 1 sampai 1,5 jam, Presiden ngobrol dan terakhir Presiden sendiri yang minta. ‘Kita ajak jalan-jalan aja, kasihan nunggu masih lama’,” kata Bey.

Rapat Darurat Biden dkk

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menggelar pertemuan darurat di Bali. Rapat darurat itu digelar usai rudal Rusia jatuh di Polandia yang merupakan sekutu AS.

Rabu (16/11), pihak Gedung Putih mengatakan pertemuan itu diselenggarakan oleh Joe Biden. Hadir dalam rapat tersebut di antaranya pemimpin Jerman, Kanada, Belanda, Spanyol, Italia, Prancis, dan Inggris.

Para pemimpin dunia itu berada di Bali untuk mengikuti KTT G20. Menlu Rusia sempat hadir di KTT G20, namun dia sudah meninggalkan Bali lebih dulu.

“Pertemuan itu diselenggarakan oleh Presiden AS Joe Biden, setelah dua orang tewas dalam ledakan di Przewodow, sebuah desa di Polandia timur dekat perbatasan dengan Ukraina,” kata Gedung Putih.

Peristiwa jatuhnya rudal Rusia di Polandia itu menyebabkan dua orang tewas. Polandia menyatakan militernya dalam posisi siap tempur usai peristiwa tersebut.