700 Ribu Hektar Lahan Tebu Disiapkan, Jokowi: 5 Tahun ke Depan Kita Bisa Swasembada Gula

Berita157 views

Inionline.id – Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau kebun tebu di Mojokerto, Jawa Timur, Jumat (4/11/2022). Kalau misalkan rencana pemerintah menyiapkan 700 ribu hektar untuk penanaman tebu bisa direalisasikan, Jokowi menyebut Indonesia bisa swasembada gula pada lima tahun ke depan.

“Tadi disampaikan kalau kita betul-betul bisa menyiapkan 700.000 hektar kita akan mandiri, kita kan swasembada gula dalam 5 tahun ke depan,” kata Jokowi sebagaimana dikutip melalui YouTube Sekretariat Presiden.

700 ribu hektar itu, kata Jokowi, akan tersebar di seluruh wilayah di pulau Jawa karena budayanya sudah berjalan sebelumnya. Meski begitu, ia tidak menampik akan mencoba membuka lahan tebu di luar pulau Jawa mengingat kebutuhan lahan yang tidak sedikit.

“Karena kalau lahan 700.000 ha juga bukan lahan yang kecil tapi ini akan dengan sekuat tenaga akan saya siapkan, ya,” terangnya.

Ketika meninjau kebun tebu di Mojokerto, Jokowi melihat tidak perlu ada upaya yang begitu sulit lantaran tanah yang digunakan sudah subur. Di lahan di Mojokerto, tanahnya tidak perlu pemupukan dan hasilnya dilihat Jokowi sangat bagus.

“Dengan telah ditanam ini yang sudah 26 hari dilihat tadi hasilnya luar biasa.”