Tahun Depan iPhone Bakal Pakai USB-C?

Iptek357 views

Inionline.id – Apple pastikan bakal ubah konektor iPhone, dari sebelumnya Lightning, menjadi tipe USB-C. Konfirmasi Apple tersebut menyusul kebijakan baru Uni Eropa yang mewajibkan perangkat elektronik untuk memakai USB-C.

“Kami harus mematuhi, kami tidak punya pilihan,” kata Kepala Pemasaran Apple, Greg Joswiak kepada Joanna Stern dariĀ The Wall Street Journal, seperti dilaporkan dariĀ BGR, Kamis (27/10).

Namun, tampaknya pihak Apple masih setengah hati merelakan Lightning yang telah menemani perjalanan iPhone dari generasi pertama. Joswiak mengatakan, Lightning merupakan konektor pengisi daya yang baik, dengan total miliaran pengguna.

Meskipun tetap mematuhi kebijakan yang ada, dia mengemukakan sikap oposisi Apple terhadap pemerintahan. Menurut dia, kebijakan tersebut dapat menghambat inovasi.

Joswiak enggan memberikan informasi terkait waktu peluncuran. Dia tidak pernah menyebut iPhone generasi berikutnya akan mendapatkan konektor USB-C. Hanya saja, muncul spekulasi bahwa iPhone 15 yang rilis tahun depan jadi model pertama iPhone USB-C dalam sejarah Apple.

Adapun, Uni Eropa memberikan tenggat waktu hingga 2024 untuk peralihan seluruh perangkat elektronik ke USB-C. Dengan itu, perangkat apa pun yang diluncurkan sebelum batas waktu itu sebenarnya masih dapat menghindari port USB-C.

Diketahui, beberapa waktu lalu Apple meluncurkan iPad 10, tablet terakhir yang mendapatkan konektivitas USB-C. Hal itu membuat iPhone sebagai satu-satunya produk jajaran utama Apple yang tidak mendukung konektor tersebut.

Selain itu, aksesori seperti AirPods juga belum mendukung konektivitas USB-C. Meskipun hampir bisa dipastikan Apple bakal mengubahnya tidak lama lagi.