Samsung Galaxy Z Fold4 5G Menjadi Smartphone Pertama yang Pakai Android 12L

Iptek357 views

Inionline.id – Samsung Indonesia mengumumkan bahwa Galaxy Z Fold4 5G mereka merupakan perangkat pertama yang menjalankan sistem operasi Android 12L.

Android 12L merupakan turunan dari Android 12 yang dirancang untuk perangkat dengan spesifikasi layar besar di atas 600 dp, seperti foldable dan tablet. OS ini juga membawa antarmuka two-column untuk toggle notifikasi dan pengaturan cepat.

Hal ini sejalan dengan klaim Verry Octavianus, product marketing manager Samsung Mobile Experience Indonesia, bahwa pengguna Galaxy Z Fold adalah mereka yang terbiasa multitasking.

“Samsung berupaya menghadirkan pengalaman pengoperasian yang lebih praktis dibanding smartphone biasa, termasuk untuk mendukung pengguna mendorong produktivitasnya,” kata Verry dalam keterangannya, Rabu (12/10).

Maka dari itu, kata dia, Galaxy Z Fold4 5G kini hadir menawarkan greater foldable experience melalui kemitraan strategis Samsung dengan Google yang ia harap akan terjalin semakin kuat.

Head of android platforms and ecosystems Google Indonesia Denny Galant pun mengamini. Ia mengatakan bahwa Android 12L dibuat dengan mengedepankan personalisasi pengguna dan mengklaim bahwa foldable phone memiliki keunikan tersendiri dibanding smartphone pada umumnya berkat layar yang lebih besar dan fleksibel.

“Kami bekerjasama dengan Samsung untuk memberikan manfaat lebih bagi pengguna dalam menikmati keunggulan form factor dari perangkat lipat di setiap penggunaannya,” ujar Denny.

Dalam penggunaan Android 12L ini, Galaxy Z Fold4 5G mengunggulkan peningkatan kemampuan multi window-nya untuk semakin menunjang multitasking. Kini, pengguna bisa beralih dari tampilan full screen ke split screen secara instan hanya dengan sekali swipe.

Samsung juga mengandalkan UI terbaru mereka yang menawarkan kemudahan navigasi. Misalnya, quick settings dan notifikasi tampil dalam kolom yang terpisah sehingga pengguna bisa mengaktifkan fungsi tertentu atau cek pesan masuk dengan lebih mudah dan cepat

Selain itu, Galaxy Z Fold4 5G dengan Android 12L ini mampu memberikan tampilan yang lebih proporsional untuk seluruh aplikasi, seperti aspect ratio yang lebih ideal, sudut-sudut yang dibuat melengkung menyesuaikan layar perangkat, hingga status bar yang lebih transparan agar tidak mengganggu tampilan dari aplikasi yang sedang dibuka.

Saat ini, Galaxy Z Fold4 5G sudah bisa didapatkan di e-commerce dan toko retail dengan harga Rp24.999.000 (12GB/256GB), Rp26.999.000 (12GB/512GB), dan Rp30.999.000 (12GB/1TB) dalam pilihan warna Graygreen, Phantom Black, Beige, dan Burgundy.