Pekan Depan Kemnaker Pastikan BSU Tahap 5 Cair

Berita157 views

Inionline.id – Pekan depan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memastikan bantuan subsidi upah (BSU) tahap 5 akan cair.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan telah menerima data 2,5 juta calon penerima BSU tahap kelima dari BPJS Ketenagakerjaan.

“(BSU) tahap 5 minggu depan (cair). (Data calon penerima) sudah masuk 2,5 juta nanti kita kurasi lagi seperti biasa,” ujarnya di The Dharmawangsa Jakarta, Jumat (7/10).

Adapun syarat penerima BSU yakni bergaji di bawah Rp3,5 juta per bulan. Kemudian, bukan peserta Program Keluarga Harapan (PKH), tidak pernah menjadi peserta program Kartu Prakerja, dan peserta bukan anggota TNI, Polri, maupun ASN.

Data penerima BSU disesuaikan dengan peserta BPJS Ketenagakerjaan yang terdaftar hingga Juli 2022. Sementara itu, pengeluarannya akan dilakukan melalui bank BUMN atau Himbara dan PT Pos Indonesia (Persero).

Lantas bagaimana cara mengecek penerima bantuan tersebut?

Berdasarkan situs resmi Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), terdapat beberapa langkah untuk mengecek status apakah Anda penerima atau bukan, di antaranya:

1. Kunjungi situs web kemnaker.go.id.

2. Daftar akun

3. Jika Anda belum memiliki akun, daftarkan diri dengan melengkapi data diri, seperti NIK, nama lengkap, dan nama ibu kandung. Aktivasi akun dengan menggunakan kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor handphone Anda.

4. Login ke dalam akun Anda

5. Lengkapi profil biodata diri berupa foto profil, tentang Anda, status pernikahan, dan tipe lokasi.

6. Cek pemberitahuan