PAN Belum Memutuskan Dukungan untuk Capres 2024

Politik157 views

Inionline.id – Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Yandri Susanto mengatakan, Ganjar Pranowo termasuk orang yang kuat mendapat dukungan dari internal partainya. Kendati demikian, hal ini belum bisa dipastikan apakah memang PAN bakal mendukung Gubernur Jawa Tengah itu pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

“(Ganjar-Airlangga gimana) Ya Ganjar kan masuk juga dalam rekomendasi PAN. Termasuk dukungannya kuat juga di internal PAN. Tapi kan apa PAN akan dukung Ganjar belum diputuskan, bahwa Ganjar masuk radar PAN iya, dukungannya memang bagus. Ada juga Erick Thohir. Jadi PAN sekarang bangun komunikasi dengan parpol-parpol di KIB, termasuk parpol di luar KIB,” katanya kepada wartawan, Rabu (12/10).

“Mantau aspirasi daerah dan tokoh, terus kita matangkan Capres-Cawapresnya siapa. Dari 9 nama itu, insya Allah dari nama itu. Apa Ganjar, RK, lainnya, ya itu masih belum. Nanti ada lagi forum PAN, tapi kalau pun enggak ada, PAN sudah beri mandat penuh ketum untuk menentukan siapa yang akan diusung PAN capres-cawapres,” sambung Yandri.

Soal skenario Ganjar-Airlangga, menurutnya, kemungkinan itu masih sangat terbuka. Termasuk juga dengan calon presiden lainnya.

“Kemungkinan (Ganjar-Airlangga). Saya bilang tadi, bukan hanya Ganjar, semua kemungkinan masih sangat terbuka. PAN belum mutuskan, karena belum mutuskan ya semua terbuka. Mau Ganjar, mau Anies. Mau Erick, ya semuanya masih terbuka. Mau Ganjar, anies, Erick, Bang Zul sendiri, terbuka. Jadi belum ada kata putus dari PAN siapa yang akan diusung sebagai capres dan cawapres,” ungkapnya.

Yandri menegaskan, PAN mempunyai mekanisme tersendiri dalam melakukan atau memutuskan kapan deklarasi dukungan terhadap capres-cawapres.

“PAN kan ada mekanisme sendiri cara memutuskan,” tutupnya.