Anies Resmikan Rumah Susun Kampung Bayam Jakarta Utara

Antar Daerah357 views

Inionline.id – Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta meresmikan Rumah Susun Kampung Bayam di Jakarta Utara. Rusun ini dikhususkan untuk warga Kampung Bayam yang terdampak pembangunan Jakarta International Stadium (JIS).

Anies mengatakan pembangunan rusun tersebut disiapkan bersamaan dengan proyek JIS. Menurutnya, warga Kampung Bayam juga harus menjadi bagian dari kemajuan JIS.

“Kita berniat untuk membangun dengan memberikan perasaan keadilan. Ketika JIS ini dibangun, di sampingnya ada kampung yang pada waktu itu pun sudah direncanakan bahwa warga yang tinggal di sini harus menjadi bagian dari kemajuan dari JIS ini,” kata Anies dalam acara peresmian di Rusun Kampung Bayam, Jakarta Utara, Rabu (12/10).

Menurut Anies keberadaan JIS harus membawa warga sekitar ikut tumbuh berkembang, bukan malah tersingkir. Anies menjelaskan bahwa sejak awal pembangunan JIS juga harus menghormati hak asasi para warga sekitar dan mengedepankan prinsip kesetaraan.

Ia pun berharap konsep pembangunan ini bisa menjadi tolak ukur ke depannya dalam sebuah proyek yang dibangun pemerintah.

“Mudah-mudahan ini menjadi contoh bahwa ketika kita melakukan pembangunan, maka libatkan semua yang ada, bukan ambil cara mudah simpel tapi tidak mencerminkan keadilan sosial,” ungkap Anies.

“Direlokasi jauh, kemudian setelah direlokasi menonton tempat itu tumbuh berkembang,” ujarnya menambahkan.

Anies kemudian menitipkan pesan agar warga yang nanti menempati rusun tersebut bisa menjaga suasana rukun dan guyub. Menurut dia pemerintah hanya bisa membangun gedung, namun warga yang membangun suasana kekeluargaan itu.

Rusun Kampung Bayam dibangun di area seluas 17.354 meter persegi dengan 138 unit di tiga tower yang masing-masing towernya terdiri dari empat lantai.

Rusun ini juga dilengkapi dengan dengan berbagai fasilitas umum dan sosial seperti lahan siap tanam seluas 1.914 meter persegi, unit usaha warga, koperasi dan gudang.

Kemudian musala dengan area wudhu, area bermain dan lapangan bola mini, aula serbaguna, toilet umum ruang pemulasaran jenazah, klinik, serta jalur ramp multifungsi yang dapat digunakan lansia atau difabel.