Untuk Pilgub Jawa Barat 2024, Gerindra Lirik Dedi Mulyadi

Politik857 views

Inionline.id – Untuk maju pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2024, sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan partainya melirik mantan anggota DPR dari Golkar Dedi Mulyadi.

“Orang yang disamping saya (Dedi Mulyadi) yang dilirik untuk Pilgub Jabar,” kata Muzani pada wartawan di kawasan Kebayoran, Jakarta Utara, Sabtu (4/5) dikutip dari detik.com.

Dedi yang telah keluar dari Golkar kini menjadi kader Gerindra. Dedi juga mantan bupati Purwakarta dua periode yang menjabat dari 2008 sampai 2018.

Muzani mengatakan partainya masih membahas lebih lanjut untuk sosok yang nantinya bakal diusung. Menurutnya, butuh persiapan matang karena pilkada kali ini digelar beberapa bulan usai Pemilu 2024.

“Bagaimana Pilkada ini sebagai sebuah pesta demokrasi harapan bagi rakyat seluruh Indoensia gubernur, wali kota akan mendapatkan pemimpin yang baru,” ujarnya.

“Tentu saja pemerintah lembaga terkait hingga parpol yang mengusungnya dan juga termasuk rakyat perlu persiapan, karena mereka baru saja menyelesaikan pesta demokrasi yakni pemilu dan Pilpres,” sambungnya.

Sebelumnya mantan Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto mendeklarasikan diri maju sebagai bakal calon gubernur Jawa Barat di Pilkada 2024. Deklarasi digelar di Monumen Pahlawan Covid -19, Jalan Surapati, Kota Bandung, Sabtu (4/5).

“Bismillah kita bergerak menuju Gedung Sate, kita bergerak untuk Jawa Barat,” kata Bima.

Di sisi lain, Golkar juga telah memberikan rekomendasi kepada Ridwan Kamil untuk maju sebagai bakal calon gubernur Jabar.

Seluruh provinsi di Indonesia akan mengikuti Pilkada serentak 2024 kecuali Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sebab jabatan kepala daerah DIY dilakukan dengan penetapan bukan Pilkada sesuai UU Nomor 13 Tahun 2022.

Oleh karena itu, hanya terdapat 37 provinsi di Indonesia yang mengikuti Pilkada serentak tahun 2024. Pelaksanaannya sendiri berlangsung pada Rabu, 27 November 2024.