Ini 5 Tempat Wisata di Kota Surabaya yang Cocok untuk Menghabiskan Akhir Pekan

Inionline.id – Berlibur di akhir pekan pastinya merupakan kegiatan yang sangat menarik untuk dilakukan, khususnya bagi kamu yang tinggal di daerah perkotaan padat seperti kota Surabaya.

Namun, tentunya bagi kamu yang ingin berlibur di akhir pekan akan tetapi tidak ingin menghabiskan budget yang berlebih dan juga perjalanan lama untuk menuju ke lokasi wisata tersebut tentunya bisa mencoba beberapa wisata murah meriah yang berada di dalam kota.

Di kota Surabaya tentunya terdapat beberapa objek wisata yang bisa kamu kunjungi pada akhir pekan bersama keluarga, teman, ataupun pacar.

Berikut ini adalah rekomendasi beberapa destinasi tempat wisata di kota Surabaya yang cocok untuk dijadikan tempat berlibur di akhir pekan.

1. Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya (Instagram.com/kebunbinatangsurabaya)
Kebun Binatang Surabaya (Instagram.com/kebunbinatangsurabaya)

Kebun Binatang Surabaya (Surabaya Zoo) meruapakan salah satu destinasi wisata unggulan di kota Surabaya.

Kebun binatang yang sudah berdiri sejak masa kolonial ini pernah dinobatkan sebagai kebun binatang dengan koleksi terlengkap di Asia Tenggara. Bahkan, hingga kini koleksi hewan di Kebun Binatang Surabaya (KBS) masih tergolong cukup lengkap di Indonesia.

Kebun Binatang ini juga menawarkan beragam atraksi seperti wahana menunggang unta atau gajah, breakfast with elephant atau sarapan bersama gajah, wahana akuarium dan reptilian, perahu wisata dan beragam wahana lainnya yang tentunya cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga di akhir pekan.

Selain, itu di akhir pekan para pengunjung juga dapat melakukan aktivitas gowes atau bersepeda di dalam area Kebun Binatang Surabaya mulai pukul 06.00-09.00 WIB

2. Balai Pemuda atau Alun-Alun Kota Surabaya

Alun-Alun Balai Pemuda (Instagram.com/irvanefendi_)
Alun-Alun Balai Pemuda (Instagram.com/irvanefendi_)

Alun-alun Kota Surabaya atau yang lebih dikenal dengan nama Balai Pemuda juga dapat menjadi salah satu destinasi wisata dalam kota untuk menghabiskan akhir pekan.

Alun-alun yang diresmikan sejak tahun 2021 ini sebenarnya sudah memiliki aktivitas mingguan sebelum mengangkat branding Alun-alun kota Surabaya. Di tempat ini juga seringkali dijadikan lokasi dari pagelaran budaya, festival musik dan beragam kegiatan komunitas lainnya.

Di Balai Pemuda ini juga terdapat riangan bawah tanah atau basement yang memamerkan beragam koleksi benda bernilai seni seperti beragam lukisan dan karya seni lainnya.

Adapula sebuah perpustakaan umum yang bisa diakses oleh seluruh lapisan masyarakat di kota Surabaya. Tentunya dengan beragam fasilitas tersebut membuat Balai Pemuda sangat cocok menjadi pilihan destinasi wisata pada akhir pekan bagi masyarakat kota Surabaya.

3. Sekitar Jalan Tunjungan

Suasana Jalan Tunjungan (Instagram.com/sekitarsurabaya.id)
Suasana Jalan Tunjungan (Instagram.com/sekitarsurabaya.id)

Jalanan kota Surabaya memang selalu menyimpan kisah dan kenangan tersendiri. Salah satu jalanan yang menjadi ikon kota Surabaya yakni Jalan Tunjungan.

Di jalanan yang cukup bersejarah ini terdapat banyak bangunan peninggalan era kolonial yang menawarkan pemandangan yang sangat indah untuk dipandang.

Tentunya karena banyaknya gedung-gedung era kolonial tersebut membuat tempat ini sangat cocok sebagai tempat hunting foto.

Di sepanjang jalan ini juga terdapat beragam kafe-kafe serta restoran yang tentunya menambah kesan glamour namun tetap klasik di Jalan Tunjungan.

Lokasi ini juga sering dijadikan lokasi muda-mudi kota Surabaya untuk menghabiskan akhir pekan. Hal ini juga ditunjang beberapa live music dari beragam komunitas yang dilakukan di sepanjang jalan yang memiliki panjang kurang dari 1 km tersebut.

4. Beragam Museum di Kota Surabaya

Monumen Tugu Pahlawan (Instagram.com/photosuroboyo)
Monumen Tugu Pahlawan (Instagram.com/photosuroboyo)

Berwisata sembari belajar dan memperdalam ilmu? Kenapa tidak? Kota Surabaya juga dikenal sebagai salah satu kota di Indonesia yang kaya akan beragam nilai sejarah dan budaya.

Di kota ini terdapat beragam museum yang tentunya dapat menjadi destinasi pilihan wisata pada akhir pekan. Banyak dari Museum tersebut yang tentunya telah dikemas dengan konsep modern sehingga dijamin para pengunjung tidak akan merasa bosan ketika berkunjung.

Banyak pilihan museum yang dapat dikunjungi pada akhir pekan di kota ini. Mulai dari Museum 10 Nopember yang menjadi ikon museum di kota Surabaya, museum pendidikan, museum olahraga dan beragam museum lain yang tersebar di kota ini.

Selain menjadi wisata murah meriah karena tidak dipungut biaya, berwisata ke museum juga dapat menjadi sarana pembelajaran bagi keluarga khususnya anak-anak.

5. Wisata Taman-Taman Kota

Taman Bungkul Surabaya (Instagram.com/awaan__)
Taman Bungkul Surabaya (Instagram.com/awaan__)

Kota Surabaya juga dikenal dengan julukan kota seribu tamanm hal ini dikarenakan terdapat belasan hingga puluhan taman yang tersebar di kota yang dijuluki sebagai “Kota Pahlawan” tersebut.

Taman-taman tersebut dapat menjadi salah satu pilihan murah meriah bagi kamu warga Surabaya yang ingin menghabiskan akhir pekan. Memang sejak belasan tahun yang lalu banyak taman yang giat dibangun dan dikembangankan oleh Pemerintah Kota Surabaya guna mendukung konsep eco-green city.

Taman-taman tersebut selain difungsikan sebagai ruang terbuka hijau dan paru-paru kota juga dapat difungsikan sebagai sarana penunjang komunitas di kota Surabaya dan juga sarana berolahraga.

Tidak jarang pula ada beberapa event tertentu baik yang dilakukan oleh pihak Pemerintah Kota maupun swasta yang dilakukan di taman-taman di kota Surabaya.

Beberapa pilihan taman kota yang dapat kamu jadikan destinasi wisata di Surabaya ini antara lain, Taman Bungkul, Taman Harmoni, Taman Prestasi, Taman Ekspresi dan beragam taman lainnya.