Hari Ini ANBK Jenjang SD Dimulai

Pendidikan357 views

Inionline.id – Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) atau dulu dikenal dengan Ujian Nasional untuk jenjang SD dimulai hari ini, Senin, 24 Oktober 2022. ANBK jenjang SD digelar dalam dua gelombang, yaitu pertama 24-27 Oktober 2022 dan kedua pada 28-30 Oktober 2022.

AN adalah evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. AN digelar dengan tiga instrumen, yaitu:

  1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi)
  2. Survei Karakter
  3. Survei Lingkungan Belajar

Pelaksanaan AN menggunakan komputer untuk media menjawab pertanyaan atau ANBK secara daring dan semidaring. Peserta ANBK adalah siswa SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA sederajat.

Peserta yang mengikuti ANBK akan dipilih acak. Dengan jumlah untuk jenjang SD/MI dan sederajat maksimal 30 orang.

Sebelumnya, pemerintah telah menggelar simulasi ANBK pada 26-29 September 2022 untuk gelombang satu dan 3-6 Oktober 2022 untuk gelombang dua. Kemudian, digelar gladi bersih pada 17-22 Oktober 2022.

Sobat Medcom yang masih belum mempunyai gambaran terkait soal-soal yang bakal keluar dalam ANBK, simak contoh soal berikut ini:

Contoh soal literasi

Contoh 1

ANBK Jenjang SD Dimulai Hari Ini

Contoh 2

ANBK Jenjang SD Dimulai Hari Ini

Contoh soal numerasi

Contoh 1

ANBK Jenjang SD Dimulai Hari Ini

Contoh 2

ANBK Jenjang SD Dimulai Hari Ini
Itulah informasi soal ANBK jenjang SD. Sobat Medcom yang ingin mengetahui lebih banyak contoh soal ANBK AKM numerasi dan literasi bisa mencoba AKM ini di laman pusmendik.kemdikbud.go.id.