Hadapi Cuaca Ekstrem Ridwan Kamil Sebut Jabar Siaga Satu

Berita257 views

Inionline.id – Prakiraan cuaca ekstrem yang melanda wilayah Jawa Barat disoroti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Ia pun meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jabar untuk siaga satu menanggulangi potensi bencana akibat cuaca ekstrem menjelang akhir tahun.

Menurut Ridwan Kamil, cuaca ekstrem tak hanya berpotensi terjadi di Jabar, tetapi juga di Sumatera, Sulawesi dan Jawa pada umumnya.

Untuk itu, peran BPBD dan perangkat-perangkat terkait penanggulangan kebencanaan sangat dibutuhkan tenaganya.

“Oleh karena itu BPBD dan perangkat-perangkat yang terkait dengan kebencanaan sudah di-briefing untuk siaga satu setiap hari,” kata pria yang akrab disapa Emil itu di Gedung DPRD Provinsi Jabar, Kota Bandung, Senin (10/10).

Mantan Wali Kota Bandung itu juga mengimbau masyarakat agar tetap waspada menghadapi cuaca ekstrem di menjelang akhir tahun.

“Kami berharap tidak banyak kondisi kebencanaan dan korban yang terkait kebencanaan makanya tolong waspada,” cetusnya.

Emil memperkirakan bahwa potensi bencana yang akan hadir dari wilayah Jabar tengah ke utara yaitu banjir tinggi. Sedangkan Jabar tengah ke selatan berpotensi longsor.

“Kalau daerah Jabar tengah ke utara potensi banjir tinggi. Kalau dari daerah Jabar ke selatan potensi longsor yang tinggi kan kita pernah kejadian kan, desa-desa di Jabar tengah ke selatan mengalami longsor dan menimbulkan korban jiwa,” tuturnya.