Berbagi Mulia Bahagia Bersama SDIT QA Baitussalaam

Pendidikan1857 views

Narasumber: Nusaibah Rahmani
SDIT QA Baitussalaam

Inionline.id – Masa masa sekolah dasar merupakan dunia yang paling tidak terlupakan. Karenanya, setiap kegiatan yang dilakukan di sekolah dasar menjadi hal-hal yang sangat berkesan bagi setiap anak. Penanaman akhlak dan karakter islami yang kuat perlu dibiasakan sejak usia dini dan dilakukan terus menerus baik di sekolah, di rumah maupun di lingkungan masyarakat. Banyak sisi dan nilai-nilai keislaman yang perlu dikuatkan diusia sekolah dasar.

Inilah yang menjadi ciri khas yang dimiliki oleh SDIT QA Baitussalaam. SDIT QA Baitussalam mencetuskan pembagian level kelas dengan Tema besar yang disesuaikan dengan kategori levelnya.

Ada salah satu kegiatan menarik yang ada di SDIT QA Baitussalaam, siswa kelas 5 mengadakan kegiatan Charity yang mana, charity ini menjadi rangkaian proses pembelajaran bagi siswa kelas 5 untuk mencari dana untuk nantinya diberikan kepada tempat/daerah yang membutuhkan. Charity ini sukses membangun semangat para siswa untuk mengumpulkan dana sebanyak-banyaknya. Para siswa diharuskan menjual produk yg dihasilkan oleh karya mereka sendiri bahkan kerjasama dengan orang tuanya di rumah. Setiap kali ada kegiatan di sekolah, para siswa membuka stand charity mereka dengan produk yang sudah ditentukan oleh kelompoknya masing-masing. Produk yang dijual pun bermacam-macam, mulai dari minuman, makanan, alat tulis, pembatas buku, masker, dan lain-lain.

Momen ini menjadi pengalaman yang berkesan bagi para siswa karena banyak sekali ilmu yang didapatkan. Dari adanya kegiatan charity ini, para siswa mengetahui bagaimana rasanya membuat sesuatu yang akan dijual kepada orang lain, mereka juga membangun kerjasama dan kekompakan antar kelompok dalam menentukan produk apa yang akan dijual.

Relevan dengan tema besar dilevel 5 ini yakni “Pahala dan Dosa”. Ketika tema ini disisipkan oleh para guru di sekolah, maka apapun kegiatan yang dilakukan di sekolah akan selalu berkaitan dengan pahala dan dosa. Termasuk event charity ini, siswa dihadapkan pada 2 kondisi. Dimana, pahala akan mereka dapatkan jika mereka ikhlas memberikan hasil keuntungan yang mereka dapatkan dari jerih payah mereka sendiri.

Tetapi dibalik itu perlu adanya sikap hati-hati saat melakukan proses jual beli yang melibatkan banyak orang disekeliling mereka. Besar harapan, kegiatan charity ini memberikan energi dan dampak positif bagi para siswa.