Tinjau Langsung Situ Rawa Kalong, Dewan Mochamad Ichsan Dorong Penebaran Benih Ikan Guna Indikator Pencemaran Air Situ

Antar Daerah157 views

Depok, Inionline.id – Rombongan Komisi IV DPRD Jawa Barat melakukan kunjungan kerja meninjau Situ Rawa Kalong, Kota Depok yang viral saat diresmikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang menggandeng para icon Citayam Fashion Week beberapa waktu yang lalu.

Menurut anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat Mochamad Ichsan Maoluddin yang akrab disapa M Ichsan, terdapat pabrik atau kawasan industri di sekitaran wilayah belakang Situ Rawa Kalong, hal ini menurut M Ichsan harus diperhatikan buangan limbahnya.

“Jangan sampai nanti Ipal mereka yang notabene tidak ramah lingkungan itu masuk kedalam situ tersebut, oleh karena itu nanti SDA bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup karena memang disitu ada lubang bukaan akses air dari luar masuk kedalam, selama ini katanya memang sudah tidak separah sebelumnya karena mereka juga mungkin diultimatum, oleh karena itu ditaburkan ikan sebetulnya untuk indikator juga, jika ikannya mengambang berarti ada pencemaran,” ujarnya, Senin (23/08/2022).

Selain itu, keberadaan para pemancing di kawasan situ memang sengaja dibiarkan, agar masyarakat juga bisa ikut mengkontrol kualitas air dari Rawa Kalong.

Dirinya mendorong agar kedepannya dinas terkiat menambah jumlah penebaran bibit ikan di Situ Rawa Kalong yang bisa mendatangkan beberapa imbas positif di kawasan tersebut.

Hal lain yang menjadi perhatian M Ichsan ialah masih kurangnya fasilitas toilet di Rawa Kalong dimana keberadaan fasilitas ini justru mampu menambah kenyamanan para pengunjung.

“Kalau namanya proyek strategis Gubernur ujungnya harus kesana memberikan PAD untuk pendapatan asli daerah Pemprov, hanya saja pembenahan masih banyak termasuk sarana untuk toilet itu masih berjauhan kiri kanan atau nanti kalau yang sudah banyak pengunjung itu harus dipikirkan misalnya, disisi kiri dan barat itu ada 5 misalnya, ini baru satu-satu jadi tadi sedikit kesulitan untuk mencari toilet salah satunya,” ungkap M Ichsan.

Sarana parkir kendaraan pun cukup terbatas, lalu ditemukan juga sampah yang mengambang di air, hal ini jika dibiarkan tentu saja bisa membuat pengunjung hilang feeling.

“Makanya tadi langsung kita tembak petugas yang ditugasi oleh SDA untuk membersihkan sampah-sampah, biasanya dijaring kemudian yang mengambang ditarik ke pinggir, begitu cara pembersihannya oleh Pokja setempat,” pungkasnya.

Hingga saat ini situ tersebut belum dibuka 100 persen untuk umum karena belum siap, namun laporan yang diterima Komisi IV, setiap sore hari masyarakat sudah banyak yang datang ke Situ Rawa Kalong.