Saat HUT RI Bendera Merah Putih Berkibar di 77 Titik Dasar Laut

Berita357 views

Inionline.id – Di berbagai wilayah laut di Indonesia TNI Angkatan Laut menggelar peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI dengan menggelar pengibaran bendera di bawah laut secara serentak di 77 titik.

“Ini peringatan dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia ala TNI Angkatan Laut yaitu melakukan pengibaran bendera di 77 spot di lautan nusantara,” kata Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono di Pulau Putri, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Rabu (17/8).

Heri memimpin langsung pengibaran bendera di perairan Kepulauan Seribu itu. Dia pun menyampaikan ucapan Dirgahayu RI yang disiarkan langsung dari dasar laut, dan disaksikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka.

Heri mengatakan kegiatan pengibaran Sang Saka Merah Putih di bawah laut adalah untuk menanamkan jiwa kebaharian kepada seluruh masyarakat terutama generasi muda.

“Kita ingin menggugah kembali Maritime Domain Awarenes, atau kepedulian kita terhadap lingkungan jati diri kita sebagai bangsa maritim,” ujarnya.

Kegiatan pengibaran bendera di bawah laut tersebut dilakukan secara serentak di seluruh wilayah laut Indonesia mulai dari Sabang di sampai Merauke dan dari Ambalat hingga Pulau Rote.

Salah satunya di Aceh, sebanyak 29 penyelam mengibarkan Sang Merah Putih di dasar laut perairan Lhokseumawe.

Upacara pengibaran bendera di dasar laut itu difasilitasi oleh Pangkalan TNI Angkatan Laut Lhokseumawe di Laut Ujong Blang, Desa Hagu Teungoh, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Lhokseumawe Kolonel Marinir Dian Suryansyah mengatakan, “Untuk wilayah Aceh terdapat dua titik, satu di antaranya di kawasan wisata Pantai Ujong Blang, Kota Lhokseumawe.”

Pengibaran bendera merah putih di dasar laut itu melibatkan penyelam dari TNI AL, Polairud Polres Lhokseumawe, Kodim 0103/Aceh Utara, Kopasgat 469, Possi, SAR, Satradar 231, mahasiswa, dan nelayan setempat.

Aksi Pengibaran Bendera oleh Kelompok Mahasiswa

Di Lampung, sekelompok mahasiswa dari sembilan perguruan tinggi di Indonesia bersama masyarakat pulau yang berada di Dusun Jelarangan Pahawang, Kabupaten Pesawaran secara khidmat mengikuti upacara pengibaran bendera HUT ke-77 Kemerdekaan RI dari dasar laut.

Klub Selam Anemon Universitas Lampung (Unila) bersama mahasiswa perwakilan selam Indonesia bagian barat, turut memeriahkan hari kemerdekaan itu dengan Pengibaran Bendera Merah Putih di bawah Laut Pulau Pahawang, Pesawaran Lampung.

Dengan jumlah 50 peserta yang diikuti oleh Forum Penyelam Mahasiswa Indonesia, klub selam, TNI-Polri yakni Direktorat Polairud serta Satbrimob Polda Lampung dan Lanal Lampung, serta masyarakat.

Anggel, salah seorang mahasiswi asal Kota Palembang dari klub selam Universitas Sriwijaya ini, awalnya ia merasa deg-degan ketika hendak menyebur ke laut pelaksanaan untuk mengibarkan Sang Saka Merah Putih. Bahkan ia mengaku senang dan bangga, dirinya bisa ikut serta dalam pengibaran bendera tersebut.

“Senang, bangga dan menjadi pengalaman yang luar biasa untuk saya tentunya, bisa ikut menyelam mengibarkan bendera Merah Putih dari dasar laut. Tapi tadi ada rasa takut dan deg-degan gitu, karena ini kali pertama saya mengibarkan bendera di bawah Laut,” kata dia.

Sementara Autri, perwakilan mahasiswa dari Universitas Diponegoro mengaku bangga bisa ikut serta mengibarkan bendera di bawah laut bersama kawan-kawan mahasiswa lainnya.

“Pastinya sangat senang, karena ini juga kali pertama saya ke Pulau Pahawang, Lampung lokasi dan kegiatan pengibaran bendera HUT Kemerdekaan RI ke-77 sangat kerenlah pokoknya,” kata dia.

Sementara Abdul Azis, ketua penyelenggara yang juga ketua klub selam Anemon mengatakan kegiatan pengibaran bendera Merah Putih ini, dilakukan setiap tahun guna mewujudkan semangat nasionalisme dalam wujud cinta tanah air dan cinta bahari (laut).

Dasar Laut Maluku, NTT, Hingga Papua

Kemudian di perairan Maluku, anggota TNI AL Lantama XI Ambon melakukan pengibaran bendera Merah Putih di dasar laut, Kecamatan Saparua, Kabupaten Maluku Tengah.

Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) IX Ambon Brigadir Jenderal TNI (Mar) Said Latuconsinamengatakan pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut pada peringatan HUT ke-77 RI tersebar di 2 lokasi. Yakni, di Pantai Putih Lessi Kulur, Kecamatan Saparua, Maluku Tengah dan Pantai Batu Kuda Desa Tulehu, Salahutu, Maluku Tengah.

Sebanyak 30 penyelam dari prajurit TNI AL, Komandan Lantamal, Ketua Korcab IX DJA III Said Latuconsina, ibu-ibu Jalasenastri, Bakamla, Polairud, klub selam dan wartawan berpartisipasi dalam pengibaran bendera merah putih di puncak Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2022.

Latuconsina menyebutkan alasan memilih perairan Saparua, Maluku Tengah sebagai spot pengibaran bendera merah putih di bawah laut karena lokasi ini merupakan tanah kelahiran dari Pahlawan Pattimura Thomas Matulessy.

Anggota TNI AL di Pangkalan TNI Angkatan Laut Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur, mengibarkan bendera merah putih di dasar laut wilayah terselatan NKRI.

Komandan Lanal Pulau Rote, Letkol Laut, Mohamad Noordin Mutaqien mengatakan, “Sebelum dilakukan pengibaran bendera merah putih di dasar laut, diawali dengan penyerahan bendera merah putih di Pantai Oeseli kepada empat penyelam TNI Angkatan Laut untuk dikibarkan.”

Usai penyerahan tersebut, keempat personel langsung bertolak ke lokasi yang jaraknya sekitar 100 meter dari bibir pantai Oeseli, Kabupaten Rote Ndao.

Noordin menambahkan bahwa untuk mengibarkan bendera merah putih di dasar laut, keempat personel harus menyelam dengan kedalaman sekitar 10 meter.

Sementara di Papua, Lantamal X dan Polda Papua mengibarkan bendera Merah-Putih di bawah laut di Tanjung Swaja, Jayapura. Setidaknya sebanyak 53 personel ikut dalam upacara pengibaran bendera di dasar laut itu.

Komandan Lantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Feryanto Pardamean Marpaung mengatakan bendera dikibarkan di kedalaman 12 meter dan dilakukan sekitar 50 menit.