Diisi Warga Gusuran Bukit Duri, Anies Resmikan Kampung Susun Cakung

Antar Daerah257 views

Inionline.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung, di Jatinegara, Kamis (25/8). Rumah susun itu didirikan khusus untuk warga Bukit Duri, Jakarta Selatan yang digusur pada 2016 silam.

Anies mengatakan penantian panjang warga Bukit Duri untuk kembali memiliki hunian telah tuntas dengan menempati Kampung Susun Cakung, Jatinegara.

“Hari ini tuntas sudah penantian warga Bukit Duri. Tadi saya sampaikan bahwa peristiwa yang terjadi di bulan September 2016 telah membuat mereka kehilangan tempat tinggal,” ujar Anies saat meresmikan Kampung Susun Cakung, Kamis (25/8).

Menurut Anies, proses pembangunan kampung susun ini memakan waktu 10 bulan. Namun demikian, proses pembangunan berjalan dengan baik, dan desain kampung susun ini mengambil hikmah perjalanan pandemi Covid-19.

Ia menjelaskan konsep kampung susun ini dirancang agar menjadikan rumah sebagai tempat produktif. Anies menambahkan bahwa proses pembangunan kampung susun ini merupakan kolaborasi pelbagai pihak, mulai dari aktivis, warga, pakar, dan pemerintah.

“Keempatnya bekerja bersama membuat apa yang kita lihat hari ini dan di tempat ini kita harapkan kampung yang tumbuh guyub, sehat sebagaimana kampung-kampung yang kita idamkan,” katanya.

Anies juga berujar bahwa ia telah menuntaskan janjinya untuk membangun kembali tempat tinggal bagi warga Bukit Duri.

“Alhamdulillah yang dijanjikan satu demi satu dituntaskan, memang membangun rumah prosesnya panjang, tapi tuntas satu-satu,” ujar Anies.

Sebelumnya, Pemprov DKI di bawah kepemimpinan Basuki Tjahja Purnama alias Ahok menggusur warga Bukit Duri untuk program normalisasi Sungai Ciliwung pada 2016.