Vaksin Booster Bakal Jadi Syarat Kegiatan-Perjalanan, PPKM Diperpanjang

Berita057 views

Inionline.id – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kembali diperpanjang. Vaksinasi dosis ketiga atau booster bakal jadi syarat berbagai kegiatan dan perjalanan.

“Nah tentunya dosis ketiga ini akan dipersyaratkan untuk berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat banyak dan juga untuk berbagai perjalanan,” kata Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam jumpa pers, Senin (4/7/2022).

“Jadi tadi arahan bapak Presiden untuk airport disiapkan vaksinasi dosis ketiga,” sambung Airlangga.

Sementara itu, Menkes Budi Gunadi Sadikin berbicara mengenai pendekatan khusus agar masyarakat Indonesia ingin divaksin booster. Dia mencontohkan saat vaksin menjadi syarat masuk mal.

“Bapak presiden juga sadar bahwa orang Indonesia juga kadang-kadang ada cara-cara khususlah untuk supaya bisa terpacu untuk mau booster. Sama seperti dulu mau divaksinasi orang tua susah sekali. Tapi begitu masuk mal mesti divaksinasi, orang tua mau semua. Kenapa? Karena ternyata orang tua senang nganter cucunya ke mal,” ujar Budi.

Ataa hal itu, Jokowi memerintahkan jajarannya untuk mencari pendekatan khusus agar angka vaksinasi booster meningkat. Vaksinasi booster ini dinilai penting dalam menghadapi penyebaran varian BA.4 dan BA. 5.

“Orang Indonesia kan perlu pendekatan-pendekatan sosial yang inovatif seperti itu. Jadi mungkin arahan beliau coba dicari pendekatan-pendekatan sosial yang inovatif agar masyarakat Indonesia jadi semangat dibooster kembali,” ujar Budi.