Cara Bakar Sate Kambing Biar Empuk dan Tidak Perengus

Inionline.id – Sate kambing ini salah satu kuliner Indonesia dengan cita rasa lezat nan khas. Saat perayaan Idul Adha, biasanya banyak orang  yang membuat sate kambing. Lantas bagaimana cara bakar sate kambing biar empuk? Berikut ini penjelasannya.

Nah, bagi yang ingin membuat sate kambing pada perayaan Idul Adha 2022 atau acara lainnya, mari simak berikut ini cara bakar sate kambing agar empuk.

Umumnya sate kambing ini biasa disajikan bersama bumbu kecap biasanya dilengkapi irisan cabai, bawang merah, tomat, kol, dan merica bubuk. Namun untuk sate kambing khas Madura, biasanya dilengkapi saus kacang.

  • Jangan Salah Pilih Daging

Untuk pemilihan daging, pastikan memilih daging yang betina dan usianya sekitar 4-6 bulan. Kenapa harus betina? Karena kambing betina memiliki serat yang lebih halus dan memiliki kandungan lemak yang lebih banyak. Jadi, lebih enak untuk dibuat sate.

Perlu diketahui, pemilihan jenis kambing yang digunakan akan berpengaruh besar terhadap tekstur sate, sehingga membuat sate lebih embuk.

Untuk pembuatan sate, lebih baik gunakan daging bagian paha belakang, punggung atau has dalam. Karena bagian ini memiliki tekstur yang lebih empuk.

  • Pemotongan Daging

Untuk pemotongannya, potong daging bentuk dadu ukuran kecil. Karena kalau ukuran besar dan tebal akan sulit matang secara merata. Selain itu, untuk pemotongannya, jangan lupa untuk lihat akur seratnya. Ikuti arah serat sewaktu memotongnya.

Jangan lupa buang uratnya atau lapisan tipis yang berwarna putih pada daging. Biasanya, di dalam satu tusuk sate kambing di isi 3 potong daging. Satu lemak, satu potong hati, dan satu daging.

Penambahan lemak pada sate kambing biasanya agar rasanya menjadi lebih gurih dan nikmat saat disantap. Untuk lemak, letakan pada bagian tengah agar tidak hangus terbakar.

  • Daging Tak Perlu Dicuci

Menurut beberapa penjual sate kambing, lebih baik jika daging kambing tidak perlu dicuci terlebih dulu. Inilah rahasia cara bakar sate kambing biar empuk yang berikutnya.

Sebab, hal itu dapat membuat tekstur daging jadi lebih alot dan aromanya tidak sedap. Selain itu, dapat merusak kualitas daging.

  • Bumbu

Tips daging kambing tidak bau perengus yaitu bisa diberi bumbu seperti bawang putih, ketumbar, dan daun jeruk. Rendam daging kambing dalam racikan bumbu tersebut.

Selain mengurangi bau perengus, bumbu tersebut juga akan membuat rasa sate menjadi lebih gurih dan enak. Atau bisa juga saat membakar diberi bumbu olesan, seperti jahe, bawang putih, dan kecap.

Untuk membuat daging menjadi empuk dan menghilangkan bau perengus, bisa juga menggunakan nanas. Atau bisa juga dengan dibungkus menggunakan daun pepaya. Sebelum dibakar, celupkan daging kambing ke dalam bumbu kecap atau air kaldu.

  • Proses Pembakaran

Untuk pembakarannya, sebaiknya menggunakan arang dari batok kelapa. Arang dari batok kelapa lebih panas dan suhunya bisa lebih stabil. Bakar sate sampai matang. Jangan lupa untuk dibolak-balik agar sete matang secara merata.

Demikian informasi mengenai cara bakar sate kambing biar empukyang bisa Anda coba di rumah. Selamat mencoba.