Putin Dukung KTT G20 di Bali Saat Bertemu Jokowi

Internasional157 views

Inionline.id – Di Istana Kremlin Presiden Rusia Vladimir Putin menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kepada Jokowi, Putin menyatakan dukungannya terhadap Indonesia yang menjadi tuan rumah KTT G20.

“Kami tentu mendukung upaya Indonesia dan Presiden secara pribadi untuk mempersiapkan dan menyelenggarakan pertemuan G20 yang dijadwalkan berlangsung di Indonesia tahun ini,” ujar Putin dilansir dari situs resmi Kepresidenan Rusia, diakses detikcom Jumat (1/7/2022).

Selain itu, Putin menyebut Rusia dan Indonesia masih berupaya mengkoordinasikan posisi masing-masing di PBB maupun organisasi internasional lainnya.

“Termasuk ASEAN yang akan dipimpin Indonesia tahun depan. Kebetulan, Bapak Joko Widodo ikut serta dalam KTT BRICS+ baru-baru ini sebagai tamu undangan,” jelas Putin.

Diketahui, BRICS adalah sebuah organisasi antarpemerintah dari lima negara berkembang utama yang berupaya mengembangkan dialog dan kerja sama multilateral. BRICS sendiri merupakan akronim dari Brasil, Rusia, India, Tiongkok, dan Afrika Selatan

Kembali ke Putin, ia lalu mengucapkan terima kasih ke Jokowi terkait pertemuan dan pembicaraan produktif mengenai berbagai hal. “Saya yakin bahwa perjanjian hari ini akan lebih mempromosikan kemitraan multifaset Rusia dan Indonesia,” sambungnya.

Jokowi sendiri telah menyampaikan undangan kepada Putin dan sebelumnya kepada Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk hadir dalam KTT G20 di Bali, November mendatang. Rusia dan Ukraina adalah dua negara yang tengah berseteru.

Sebelumnya, rencana kedatangan Putin membuat negara-negara Barat sekutu Amerika Serikat (AS) mengkritik. Namun belakangan, ada Kanada yang memastikan tetap bakal hadir di KTT G20 Bali, meski ada Putin.