Menkes: Pelandaian Mulai Terjadi, Walaupun Kasus COVID-19 Naik

Berita257 views

Inionline.id – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan kasus COVID-19 di Indonesia saat ini mengalami kenaikan akibat varian BA.4 dan BA.5. Kendati demikian, Budi menyebut, di saat yang sama, kasus COVID-19 juga mengalami pelandaian.

“Jadi sekarang kita juga melihat walaupun kasusnya naik, tapi pelandaian mulai terjadi baik di Jakarta maupun di Indonesia,” kata Budi dalam jumpa pers di Istana Kepresidenan, Senin (4/6/2022).

Budi awalnya menjelaskan mengenai karakter kenaikan kasus COVID-19 yang mencapai puncaknya setelah 30-40 hari. Budi mengatakan Indonesia juga bakal mengalami hal yang sama dalam beberapa hari ke depan.

“Nah Indonesia sudah sekitar 30 hari. Jadi kita mungkin masih ada waktu satu atau minggu ke depan. Kalau kita bandingkan dengan negara-negara lain seharusnya puncaknya sudah tercapai,” ujar Budi.

Budi menyampaikan varian BA.4 dan BA.5 di Indonesia sudah lebih dari 80 persen. Bahkan, kata Budi, varian tersebut sudah mencapai 100 persen di Jakarta.

“Jadi biasanya itu puncak tercapai kalau dominasi satu varian sudah tinggi. Nah sekarang di Indonesia BA.4 BA.5 sudah lebih dari 80 persen dari varian yang kita genome sequencing. Bahkan untuk di DKI Jakarta sudah 100 persen itu adalah varian BA.4 dan BA 5,” ujar Budi.

Budi mengatakan, saat dominasi varian kasus COVID-19 sudah hampir mencapai 100 persen, penurunan bakal mulai terjadi. Hal itu terlihat dari pengalaman kenaikan kasus COVID-19 di luar negeri dan di Indonesia sebelumnya.

“Saat dominasi Delta itu sudah hampir 100 persen dari populasi virusnya. Itu mulai terjadi penurunan. Demikian juga pada saat Omicron sudah hampir 100 persen dari yang kita genome sequencing varian Omicron, mulai terjadi penurunan,” imbuh dia.