Ini Alasan PPKM Jabodetabek Berubah ke Level 1 dalam Waktu Sehari

Berita157 views

Inionline.id – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah Jakarta, Bogor, Bekasi, Depok, Tangerang, hingga Tangerang Selatan (Jabodetabek) kembali ke level 1. Kemendagri menjelaskan alasan PPKM level 2 Jabodetabek batal diberlakukan selama 1 bulan.

“Meskipun berdasarkan indikator transmisi komunitas wilayah aglomerasi Jabodetabek berada pada level 2, tetapi dalam satu minggu terakhir kami melihat terjadi tren pelandaian (flattening) yang mengindikasikan wilayah aglomerasi Jabodetabek telah melewati puncak,” kata Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan, Kementerian Dalam Negeri (Bina Adwil, Kemendagri), Safrizal, kepada wartawan, Rabu (6/7/2022).

Atas dasar itu, lanjut dia, pemerintah memperkirakan dalam jangka waktu 1 hingga 2 minggu ke depan bisa balik lagi ke level 1. Untuk diketahui Pemerintah telah mengumumkan PPKM Jawa Bali diperpanjang sampai 1 Agustus.

“Setelah melakukan review dan asesmen terhadap kondisi tersebut, mengingat inmendagri akan berlalu selama 1 bulan, dengan pertimbangan kasus yang sudah mulai melandai dan diperkirakan akan kembali ke level 1, serta tingkat rawat inap dan kematian yang masih rendah dan terkendali, kami memutuskan untuk merevisi level PPKM wilayah aglomerasi menjadi level 1,” ucapnya.

Safrizal mengatakan kebijakan ini diambil untuk menjaga aspek kesehatan. Termasuk keberlanjutan pemulihan ekonomi.

“Langkah ini dilakukan untuk tetap menjaga aspek kesehatan dengan memperhatikan tren pemulihan ekonomi yang terus berlanjut,” ucapnya.

Untuk diketahui PPKM level 2 Jabodetabek tercantum dalam Inmendagri nomor 33 yang diterbitkan 4 Juli. Inmendagri 33 dibatalkan menyusul diterbitkannya Inmendagri nomor 35 yang diteken Mendagri Tito Karnavian 5 Juli 2022.